Didemo, Pengurukan Pedel PT PP Merusak Sawah Warga

Suara Bojonegoro     Sabtu, Mei 21, 2016    

Reporter : Nella Rachma

suarabojonegoro.com - Puluhan warga Desa Mojodelik, Kecamatan Gayam Kabupaten Bojonegoro siang tadi melakukan aksi blokir jalan di jalan raya Desa Mojodelik, aksi protes dilakukan karena pengurukan pedel untuk pengerjaan jalan dan jembatan telah melebihi batas bahu jalan, sehingga menutupi jalur irigasi sampai akhirnya petani tidak bisa mengairi sawahnya. Sabtu (21/05/2016).

Pengerjaan jalan dan Jembatan ini dilakukan oleh PT. PP (pembangunan perumahan) selaku pemenang tender proyek Jambaran Tiung Biru (JT-B) yang dikerjakan oleh PEPC (Pertamina Eksplorasi Cepu).

Setelah melakukan aksi bokir jalan, warga yang didampingi Kepala Desa Mojodelik Kecamatan Gayam bersama PT PP melakukan musyawarah dirumah Kepala Desa agar warga bisa menyampaikan aspirasi langsung kepada pihak perusahaan.

"Sebelumnya tidak ada sosialisasi kepada warga kalau sawah mereka akan diuruki pedel," kata Kepala Desa Mojodelik, Kecamatan Gayam Bojonegoro, Yuntik Rahayu.

Hal tersebut mengakibatkan warga protes apalagi selain itu menurut Yuntik terkait tenaga kerja warganya juga hanya menjadi penonton meskipun wilayahnya dilewati oleh kendaraan berat setiap harinya oleh PT PP.

"Kalau izin saya izini, tapi warga yang memiliki sawah harus dikasih penjelasan terlebih dahulu sebelumya," tambahnya.

Yuntik menjelaskan, musyawarah yang digelar dirumahnya belum ada hasilnya karena pihak PT PP menjanjikan ada pertemuan kelanjutan pada Rabu 25/05 depan setelah tuntutan warga disampaikan kepada pimpinan.

Beberapa tuntutan warga yaitu, jalur irigasi yang tertutup oleh material PT PP harus dikembalikan semula agar petani bisa mengairi sawah, pemberian ganti rugi akibat kerusakan dan warga Mojodelik harus dilibatkan dalam tenaga kerja oleh PT PP. (Ney/Red)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .