Insiden Lepasnya Tali Bendera Saat Upacara Hardiknas di Alun-Alun Bojonegoro

Suara Bojonegoro     Senin, Mei 02, 2016    

Reporter : Sasmito Anggoro

suarabojonegoro.com - Lepasnya Tali Bendera saat pelaksanaan pengibaran Bendera Merah Putih oleh Petugas Upacara Hardiknas (Hari Pendidikan Nasional) di Alun-alun Bojonegoro, sempat mengaggetkan para peserta dan undangan Upacara Hardiknas, Senin (2/4/16).

Tali Bendera, yang diduga lepas ini ketika Pasukan Pengibar Bendera (Paskibraka)akan mencantolkan ujung bendera, pada tali bendera, namun karena diduga bagian pemegang tali sebelah kiri terlalu kuat menarik tali sehingga menyebabkan tali lepas dari tangan dan naik keatas.

Akibat insiden tersebut, bendera tidak dapat dikibarkan pada tiang bendera, dan akhirnya Ketiga petugas pengibar bendera ini tetap mengibarkan bendera dengan mengangkat menggunakan tangan, secara bergantian sebanyak empat kali, hingga lagu Indonesia Raya di nyanyikan oleh regu koor, hingga upacara Hardiknas Selesai.

Menurut Kabag Humas Pemkab Bojonegoro, bahwa hal itu adalah aksidensial, dan kejadian ini bisa menimpa siapa saja serta kapan saja.

Sementara itu Bupati Bojonegoro, Suyoto dalam sambutannya selaku inspektur Upacara juga menanggapi insiden tersebut dengan mengatakan bahwa kejadian tersebut adalah pembelajaran, dan setiap kehidupan ada kendala dan kegagalan.

"Hal ini adalah pembelajaran agar kita tetap bisa beradaptasi saat ada kejadian yang tiba tiba seperti kejadian baru saja," Ungkap Suyoto.

Meskipun pelaksanaan upacara Hardiknas mengalami kendala dengan lepasnya tali bendera, Bupati Suyoto tetap bangga pada pelaksana dan pelaksanaan Upacara Hardiknas Hari ini, dan ini menurutnya menjadi pengalaman berharga.

Setelah upacara selesai, kemudian beberapa pegawai langsung memperbaiki tali Bendera dengan carai naik ke tiang bendera untuk mengambil tali yang lepas. Setelah diperbaiki, akhirnya bendera dipasang dan dikibarkan di alun alun Bojonegoro. (Ang*)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .