Keenam Kalinya EMCL Latih Kontraktor Lokal

Suara Bojonegoro     Kamis, Mei 19, 2016    

Reporter : Nella Rachma

suarabojonegoro.com - Operator migas Lapangan Banyu Urip, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) kembali menggelar lokakarya bagi kontraktor lokal. Lebih dari 90 kontraktor menghadiri acara tersebut.

"Para kontraktor harus pandai mencari peluang, banyak cari informasi," ucap Asisten 2 Bidang Perekonomian Sekretariat Daerah Kabupaten Bojonegoro, Setyo Yuliono pada Kamis (19/5/2016).

Mantan Camat Gayam tersebut mengatakan, proyek pembangunan Lapangan Banyu Urip sudah rampung. Pekerjaan dari proyek tersebut kata dia, sudah tidak sebanyak tahun-tahun sebelumnya. "Untungnya nanti akan ada banyak perusahaan lain yang akan membangun," ujarnya.

Setyo mencontohkan, proyek gas Jambaran-Tiung Biru, pabrik pupuk, dan proyek pendukung lainnya. Namun, kata dia, jika berkaca pada pengalaman di Banyu Urip, kontraktor lokal harus lebih siap. Mengikuti pelatihan seperti ini perlu. "Apalagi gratis. Terima kasih buat EMCL," cetusnya yang diiringi tepuk tangan peserta.

Pelatihan kontraktor yang keenam kalinya ini mengangkat tema pengenalan sistem master list di EMCL. Master List adalah dokumen rencana induk kebutuhan Barang Operasi yang akan diimpor dan digunakan oleh perusahaan hulu migas sebagai dasar pengajuan ke pemerintah.

Menurut perwakilan EMCL, Ichwan Arifin, pelatihan mengenai master list ini perlu untuk memudahkan kontraktor lokal dalam sistem perusahaan migas. Berdasarkan pengalaman selama ini, ungkap dia, masih banyak kontraktor lokal yang masih minim pemahaman tentang pengadaan barang yang menggunakan master list. "EMCL perlu mengadakan pelatihan ini supaya kedepannya kontraktor lokal yang belum berpengalaman, mudah dalam mengikuti pengadaan," paparnya.

Selain pelatihan, jelas Ichwan, EMCL juga melakukan bimbingan dan konsultasi. "Tidak hanya melatih, kami juga mendampingi, melayani pertanyaan dan memberi saran kepada kontraktor lokal," imbuhnya. (Ney/Red)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .