Manfaatkan Limbah Jadi Kerajinan Bernilai Ekonomis

Suara Bojonegoro     Minggu, Mei 01, 2016    

Oleh : Bhakti Arifin

suarabojonegoro.com- Desa Mojodeso Kecamatan Kapas, merupakan salah satu Desa Berseri yang menonjol di Kabupaten Bojonegoro. Dari waktu ke waktu pemerintah desa bergotong royong dengan warga berusaha untuk terus berbenah membuat lingkungan menjadi lebih baik.

Salah satu potensi yang dimiliki Mojodeso yaitu berdirinya usaha konveksi, usaha ini membawa manfaat yang besar bagi warga desa dengan menyerap tenaga kerja lokal, namun keberadaan usaha ini menyisakan sedikit permasalahan yang dihadapi yaitu limbah sisa potongan kain (perca) yang tidak terpakai. 

Guna mengatasi permasalahan tersebut pada hari Sabtu, 30 April 2016 Badan Lingkungan Hidup Kab. Bojonegoro mengadakan Kegiatan Pengelolaan Persampahan Pada Kelompok Bank Sampah (Pemanfaatan Limbah Perca menjadi Barang Ekonomis Produktif)  di Balai Desa Mojodeso Kecamatan Kapas.

Dalam kesempatan ini BLH menugaskan 2 (dua) instruktur yang berkompeten dibidangnya yaitu Ibu Retno Pujiastuti (B’Art Recycle & Zipper) dan Ibu Meirina Suminartyanigsih (QQ Collection). 

Kedua Instruktur tersebut memberikan materi pelatihan berupa Pembuatan Kerajinan Dompet & Cempal dari perca kaos yang dihasilkan oleh usaha konveksi yang ada di Desa Mojodeso. 

Diharapkan setelah mengikuti pelatihan ini para peserta mampu mempraktekkan ilmu yang didapatnya sehingga mampu menghasilkan produk yang bagus, berkualitas dan laku dipasaran.

Dengan demikian bisa didapat 2 keuntungan sekaligus bagi warga desa Mojodeso yaitu bertambahnya penghasilan warga dan tetap bersih serta terjaganya lingkungan desa yang berseri.  (BA/JW)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .