Melalui Pramuka SMAN MT Pelihara Ekosistim Perairan

Suara Bojonegoro     Senin, Mei 09, 2016    

Reporter : Rabbani. P

suarabojonegoro.com - Melihat ekosistem perairan yang akhir-akhir ini perlu diperhatikan, karena beberapa factor alam maupun manusia. Melihat hal tersebut anggota Pramuka tentu merasa tidak nyaman, Pramuka Purwakirana Gudep 175-176 Pangkalan SMAN MT Bojonegoro langsung berfikir solusi dan bertindak dengan mengadakan pelepasan ratusan bibit ikan tawar di Sungai Desa Sambiroto, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Pada Minggu 1 Mei 2016.

Pelepasan ratusan bibit Ikan tawar tersebut bertepatan dengan diadakannya kemah rutin Pramuka Purwakirana SMAN MT Bojonegoro, yakni Kemah Pra-Bantara. Kemah Pra-Bantara yang dilaksanakan oleh Barisan Pramuka SMAN MT Bojonegoro cukup berbeda dari sebelumnya dan lebih menarik, karena selain penjelasan poin-poin SKU Bantara, juga ada banyak kegiatan diantaranya jelajah malam, dinamika kelompok, safari medan, penempuhan TKK, dan puncaknya adalah pelepasan Ikan ke Sungai.

Satu per satu ikan dilepaskan dengan diikuti langsung oleh seluruh peserta Kemah Pra-Bantara, Gudep 175-176. Tidak hanya satu jenis ikan namun berbagai jenis ikan dilepaskan, harapannya ikan-ikan ini dapat tumbuh dan berkembang biak, dapat menjaga ekosistem perairan, serta dapat dimanfaatkan oleh warga sekitar.

Pembina Pramuka SMAN MT, Purwanto mengatakan bahwa Kepedulian Pramuka terhadap lingkungan patut kita acungi jempol. "Hal ini Sesuai Dasa Dharma ke-2 yaitu Cinta Alam dan Kasih Sayang Sesama Manusia, dan seharusnya Pramuka di Bojonegoro dapat meniru langkah Pramuka Purwakirana SMAN MT Bojonegoro untuk melestarikan alam dan lingkungan," Terangnya.

Dengan begitu Alam Bojonegoro dapat menjadi alam yang indah, lestari, dan dapat dimanfaatkan dengan baik. Untuk itu mari kita gerakan tekad, melestarikan Alam Bojonegoro. (Rab/Red)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .