Melatih Ketajaman Ilmu Kepolisian Di Hutan Lindung

Suara Bojonegoro     Senin, Mei 02, 2016    

Reporter : Rabbani. P

suarabojonegoro.com - Tuban-Peran pasukan Polisi Hutan Mobil dan Polisi Hutan Teritorial sangat dibutuhkan bagi Perhutani KPH Tuban terutama untuk mengantisipasi serangan mendadak dari mafia pelaku illegal loging yang semakin lihay dan terorganisasi hingga ke luar wilayah hutan KPH Tuban.

Disamping memfungsikan itu kata Muchklisin Sabarna, Shut, Wakil Administratur KPH Tuban, “Lebih-lebih pasukan polisi hutan untuk wilayah Resort Pemangkuan Hutan (RPH) mandor-mandor yang sudah terdidik dalam  Polisi Hutan (Polhut) kita beri pendidikan soal ilmu kepolisian antara lain ilmu lidik, inteljen, hingga tehnik penangkapan tersang,” terangnya.

Masih kata Muchklisin, selain ilmu kepolisian KPH Tuban juga mendatangkan teman-teman ahli beladiri karate dari Kodim Tuban.

Pelatihan Kesampatan Polhut ini dilaksanakan di Hutan Lindung, Petak 71, RPH Pakah, BKPH Plumpang, persisnya di belakang Kantor Asper BKPH Sundulan. Kata Supono, selaku Komadan Regu Polisi Hutan Mobil (Polhutmob).

Selain penajaman ilmu kesamaptan latihan ini KPH Tuban juga meresmikan terbentuknya 10 orang personil pasukan Buser KPH Tuban. “Kita memfungsikan pasukan ini sebagai bantuan pasukan dimanapun lokasi kejadian criminal atau kejahatan illegal loging. Untuk dua tahun ini sudah ada puluhan tersangka telah dijebloskan di Rutan Lembaga Pemasyarakatan Kabupaten Tuban,” papar Muchklisin.

Untuk menguji ilmu kesampataan ini, 7 personil pasukan Polhutmob KPH Tuban. “Memang teman-teman Polhutmob sudah lama tidak dilatih ilmu-ilmu itu,” jelas Supono. (Rab/Lis/Red)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .