3 Kabupaten Ikuti Expo Posyandu Di Kampus Ungu

Suara Bojonegoro     Selasa, Juni 07, 2016    

Reporter : Iwan Zuhdi

suarabojonegoro.com - Saat masuk ke gedung kampus Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Insan Cendekia Husada (STIKes ICSADA) Bojonegoro di Jalan dr. Wahidin Sudirohusodo, Kota Bojonegoro, suasananya mulai berbeda dari sebelumnya, Sebab, ada papan nama Expo Posyandu yang menyambut di pintu masuk utama Kampus Ungu (sebutan akrab Perguruan Tinggi terakreditasi BAN-PT tersebut). Selasa (7/616).

Ada Stand yang berasal dari Kabupaten, diantaranya Bojonegoro, Mojokerto dan Ngawi yang ikut meramaikan ekspo Posyandu tersebut. Dalam kegiatan Yang diinisiatori oleh mahasiswa semester VI, Prodi S1 Ilmu Keperawatan, STIKes ICSADA Bojonegoro, akan berlangsung selama dua hari kedepan.

"Hari ini, untuk kelas VI A yang menggelar Expo Posyandu, dan dilanjut besok untuk kelas VI B, dengan materi yang hampir sama," Jelas Roni Alfaqih, salah satu panitia kegiatan.

Dia juga menjelaskan, jika kegiatan hari ini bagian dari mata kuliah Keperawatan Komunitas, dengan tujuan untuk mengetahui perbedaan inovasi posyandu dari masing-masing kabupaten, mulai
Bojonegoro, Ngawi dan Mojokerto. Selain itu agar paham dan mengaplikasikan secara langsung pelayanan kesehatan di posyandu dari aspek promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif.

"Untuk pemilihan 3 kota itu, karena keunikan dari inovasi Posyandu yang ada di 3 kota tsrsebut," kata Koordinator Program Ners STIKes ICSADA Bojonegoro tersebut,

Lebih lanjut, ia menjelaskan, jika dalam teori masih menggunakan sistem 5 meja dalam Posyandu, sedangkan di lapangan sudah ada meja inovasi, salah satunya ada di 3 kota yang mengikuti expo ini.

"Praktik di lapangan ternyata sudah luar biasa," tambahnya.

Sementara itu salah satu pengunjung dari Dinkes Kabupaten Bojonegoro, Dwi Setyorini memberi apresiasi yang tinggi kepada mahasiswa Kampus Ungu. Sebab, kreatifitas yang ditunjukkan sudah sangat luar biasa, walaupun masih ada yang perlu perbaiki.

"Kegiatan seperti ini sangat luar biasa sekali. Tadi sempat tanya dimasing-masing stand," pungkasnya. (Wan/Red)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .