Amalan Terbaik di bulan Ramadhan

Suara Bojonegoro     Jumat, Juni 17, 2016    



Apakah amalan terbaik dibulan ramadhan? dan kapan harus dilakukan? konon kabarnya bulan puasa ini adalah bulan suci yang penuh dengan rahmat, hidayah dan ampunan. pertanyaan pertanyaan seperti ini mungkin banyak mampir dalam pikiran kita. menimbulkan banyak tanda tanya dalam benak kita. amalan apakah yang terbaik itu ?


Tentu saja amalan utama dalam bulan ramadhan adalah puasa ramadhan, barang siapa tidak berpuasa, maka mereka akan kehilangan rahmat, hidayah dan ampunan dari allah swt, kecuali mereka yang memang berhalangan. bagaimana doanya minta di kobul, puasa aja kagak.
berikutnya adalah melaksanakan sholat sunnah dimalam hari selain sholat wajib 5 waktu pada bulan bulan ramadhan, kegiatan ibadah sholat malam ini biasa disebut sholat tarawih, waktu biasa dilakukan setelah melaksanakan sholat isya. dan memang kegiatan ibadah ini sudah menjadi tradisi di bulan ramadhan bagi umat islam dan telah dilakukan di masjid masjid sekitar kita. mengenai jumlah rokaat untuk sholat tarawih gak perlu diributkan, asalkan sesuai dengan mahzab yang dianut.
dzikir dibulan ramadhan adalah amalan utama lainnya, dzikir terbaik adalah membaca kalimat tahlil ; LAA ILAHA ILLA ALLAH. bisa dilakukan setiap saat, baik abis sholat, di waktu senggang atau ketika bekerja. selain itu dzikir dengan menyebut asma allah atau sebagian dari asmaul husna 99 juga merupakan amalan utama di bulan ramadhan.
yang gak boleh ketinggalan adalah berinfak atau memberikan sodakoh pada para fakir miskin, masjid atau orang yang lagi kesusahan. gak usah diitung itung berapa  pahala yang dijanjikan allah, tetapi allah telah menetapkan bahwa setiap perbuatan baik kita dibulan ramadhan di mata allah akan mendapatkan balasan  yang setimpal pula. tanpa mengurangan rasa keikhlasan kita dalam beramal sholeh.
yang terakhir adalah memberikan makanan untuk berbuka puasa kepada orang yang sedang berpuasa. Allah menjanjikan pahala bagi orang yang membagikan makan pada orang yang sedang berpuasa ramadhan sebesar amal ibadah yang dilakukan orang yang berpuasa tersebut. sungguh istimewa sekali.
untuk itu kita sebagai muslim yang taat beribadah, jangan sampai kita terputus dari rahmat, hidayah dan ampunan yang telah dijanjinkan allah pada bulan suci ramadhan ini. berlombalah untuk mengejarnya, semua usaha ini untuk mencari ridlo allah semata, untuk mendekatkan diri kepadaNya, dan untuk mendapatkan perlindungan dariNya dari siksa neraka.

Sumber : https://bening1.wordpress.com/2009/08/25/amalan-terbaik-di-bulan-ramadhan/

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .