Arief Januarso: Perguruan Tinggi Harus Wujudkan HAM

Suara Bojonegoro     Rabu, Juni 22, 2016    

Reporter : Iwan Zuhdi

suarabojonegoro.com - Dialog Publik yang digelar atas kerjasama antara civitas akademika Unigoro dan Komnas HAM RI dengan tema "Kerawanan Sosial Kaitanya dengan HAM dan Korporasi di Kota Migas Bojonegoro" digelar di Aula Universitas Bojonegoro, Rabu (22/6/16).

Dalam forum tersebut salah satu nara sumber yakni Ketua Yayasan Suyitno Bojonegoro, Arief Januarso menyampaikan bahwa ada beberapa tugas atau peran Perguruan Tinggi dalam mewujudkan HAM, yakni dengan dua cara secara iternal dan external.

"Secara internal civitas akademika terus melksanakan tri dharma perguruan tinggi, melaksankan proses belajar mengajar, riset atau penelitian kemudian pengabdian masyarakat," kata pak arif sapaan akrabnya dalam forum yang juga dihadiri Ketua Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Republik Indonesia (RI) Mohammad Imdadun Rahmad.

Lebih lanjut, dalam materinya, dikatakan beberapa lulusan terakhir Unigoro  ada mahasiswa yang mengalami disabilitas, dengan SDM tenaga pengajar yang kompeten dan terus mendampingi, akhirnya mahasiswa penyandang disabilitas tersebut dapat menyelesaikan tugas akhir dan bisa diwisuda langsung.

"Berkat tekat para dosen, mahasiswa unigoro yang menyandang disabilitas dapat lulus dan diswisuda," paparnya.

Masih kata ketua yayasan Suyitno Bojonegoro, secara external peran civitas akademika diharapkan mampu memberi sumbagsih dalam pembangunan di kabupaten yang secara nasional merupakan penyumbang minyak dan gas secara nasional.

"Peran secara external kita mendirikan Pusat Studi Hak Asasi Manusia (PUSDIHAM) Dan Biro Konsultasi dan Bantuan Hukum (BKBH). melakukan pendampingan dan bantuan hukum kepada masyarakat miskin," ujarnya.

Selanjutnya, closing statement, ketua yayasan Suyitno Bojonegoro mengatakan, "semakin tinggi kwalitas Perguruan Tinggi maka kita akan mampu mewujudakan pembangunan berwawasan ramah HAM," pungkasnya.

Dalam forum tersebut dihadiri pula oleh Bupati Bojonegoro Suyoto, Wakapolres Bojonegoro Kompol Andrian Pramudianto, mahasiswa, Dosen, LSM, Ormas, dan tokoh masyarakat yang ada di Bojonegoro, serta awak media lokal Bojonegoro. (Wan/Red)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .