Di Tuban Harga Elpiji dan Stok Dibulan Puasa Aman

Suara Bojonegoro     Kamis, Juni 09, 2016    

Reporter :

suarabojonegoro.com - Tuban - Dinas Perekonomian dan Pariwisata (Disperpar) Pemkab Tuban ajukan tambahan tabung gas elpiji ukuran 3 Kg kepada Pertamina untuk mengurangi kelangkaan di pasar.

Tabung gas elpiji ukuran 3 Kg yang akan diajukan tambahan sebanyak 10 persen atau sekitar 1 Juta tabung, dengan kuota elpiji di Kabupaten Tuban yang sekitar 10.827.580 tabung di Tahun 2016. Penambahan ini dalam rangka untuk mengantisipasi kelangkaan tabung gas elpiji 3 Kg pada bulan puasa hingga lebaran nanti.

Kepala Bidang Perdagangan Disperpar Tuban, Bhismo Setyo Adji memastikan kelangkaan dan lonjakan harga gas elpiji 3 Kg seperti tahun sebelumnya tidak akan terjadi lagi. Harga elpiji ukuran 3 Kg pada tahun lalu cukup memprihatinkan. Pasalnya, harga gas elpiji menjelang puasa sudah mencapai 25 ribu/tabungnya, padahal harga normalnya hanya Rp. 17 ribu/tabubungnya.

“Penambahan gas elpiji pada Bulan Ramadhan nantinya dapat mengurangi permainan harga di pasar dan mengamankan ketersediaan pasokan elpiji”, ujar Bhismo, Rabu 8 Juni 2016.

Penyebab terjadinya kelangkaan gas elpiji 3 Kg, lanjut Bhismo, yakni banyaknya pengecer yang tidak masuk dalam wilayah distributor pertamina sehingga terjadi kelangkaan gas elpiji 3 Kg di wilayah distributor dan terjadinya berbedaan harga gas elpiji 3 Kg, dengan adanya masalah tersebut, Pertamina akan memberikan tambahan kuota di wilayah distributor agar tidak terjadi kelangkaan.

Selain penambahan kuota, Disperpar juga akan memperketat pengawasan dan pendistribusian, dengan cara melarang bagi pengecer yang tidak masuk dalam wilayah distributor untuk membeli tabung gas elpiji.

“Akan kami perketat pengawasan dan pendistribusian di wilayah distributor”, lanjutnya.

Bhismo meminta kepada masyarakat untuk ikut mengawasi jika terjadi penyimpangan dan melaporkan jika ditempatnya terjadi kelangkaan elpiji ukuran 3 Kg agar bisa membantu menekan lonjakan harga elpiji hingga hari raya lebaran tahun ini. (rur/suarapos)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .