EMCL Serahkan Bantuan Infrastruktur Kepada Pemkab Bojonegoro

Suara Bojonegoro     Selasa, Juni 14, 2016    

Reporter : Sasmito Anggoro

suarabojonegoro.com - Operator minyak dan gas (migas) Blok Cepu, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) menyerahterimakan bantuan infrastruktur kepada pemerintah kabupaten Bojonegoro, pada Selasa (14/6/2016). "Hari ini kami menyerahterimakan sejumlah infrastruktur desa sebagai bagian dari program kemitraan penguatan masyarakat," ucap External Affairs Manager EMCL, Dave Seta dalam acara yang digelar di Balai Desa Ringin Tunggal Kecamatan Gayam tersebut.

Dave menjelaskan, program infrastruktur ini meliputi perbaikan infrastruktur jalan desa, gedung sekolah, drainase, balai desa, fasilitas olahraga, dan tembok penahan tanah. "Bersama sepuluh LSM yang pendamping, program ini telah dilaksanakan sejak 2015 di 20 desa pada empat kecamatan di Kabupaten Bojonegoro," imbuhnya.

Dave mengatakan, meskipun sifatnya fisik, namun semua perencanaan, pelaksanaan hingga evaluasi program sepenuhnya dilakukan oleh masyarakat yang tergabung dalam tim pelaksana (Timlak). "Atas dukungan SKK Migas bersama dengan mitra Blok Cepu, keseluruhan program ini dilaksanakan dengan partisipasi aktif dari masyarakat," ujarnya.

Kata Dave, terhitung sejak 2012 EMCL telah mendukung pembangunan di lingkungan masyarakat Kabupaten Bojonegoro berupa Peningkatan Jalan Desa sepanjang lebih dari 62km, drainase dengan panjang hingga 7km, dan Tembok Penahan Tanah sepanjang lebih dari 13 km. Selain itu, EMCL juga sudah membangun 26 gedung sekolah, 23 gedung balaidesa serta 12 lapangan sepak bola dan bola voli.

Asisten 2 Bidang Perekonomian Kabupaten Bojonegoro, Setyo Yuliono menyampaikan apresiasi terhadap pencapaian ini. Menurut dia, sinergi masyarakat dengan pemerintah dan perusahaan harus terus dipertahankan. "Saya senang melihat semua Kepala Desa berkumpul guyub seperti ini," ucapnya.

Setyo berpesan, program pemberdayaan masyarakat harus terus dilanjutkan. Bantuan yang sudah ada, kata dia, harus dipelihara. "Itulah bentuk syukur dan terima kasih kita," cetusnya. (Ang*)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .