Guru Bahasa Inggris Bojonegoro Tuban Luncurkan Buku

Suara Bojonegoro     Jumat, Juni 03, 2016    

Reporter : Nella Rachma

suarabojonegoro.com - Produktivitas dan kompetensi guru bahasa Inggris di Bojonegoro dan Tuban patut diacungi jempol. Guru-guru yang tergabung dalam Musyarawah Guru Mata Pelajaran Bahasa Inggris untuk SMP/SMA/SMK itu kini sudah berhasil meluncurkan Buku Ajar Bahasa Inggris berjudul Teacher-friendly Resource Pack for English Language Teaching.

 "Ini mahakarya para guru yang patut kita bangga kan," ucap Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro, Hanafi dalam peluncuran buku tersebut di Pusat Belajar Guru (PBG) pada Jumat (3/6/2016).

Menurut dia, karya ini merupakan sebuah langkah awal yang bagus untuk memotivasi guru-guru membuat bahan ajar yang sesuai dengan karakteristik peserta didik masing-masing. Dengan adanya buku ini, imbuhnya, guru-guru baik di Bojonegoro maupun Tuban mampu menciptakan kelas bahasa inggris yang lebih aktif.

"Apalagi buku ini sudah dilengkapi dengan simulasi praktek," ucap dia di depan puluhan guru dari Tuban dan Bojonegoro.

Sementara itu, Direktur Learning Partnership (LEAP), Itje Chodidjah mengatakan para guru ini merupakan binaan ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) dalam Program pengembangan kapasitas guru bahasa Inggris di Bojonegoro dan Tuban.

"Sebagai mitra EMCL kami mendampingi para guru ini untuk terus mengembangkan potensi mereka," ujarnya.

Menurut wanita yang aktif menjadi Trainer Guru Internasional dan Konsultan Pendidikan ini, program pelatihan Bahasa Inggris ini merupakan kelanjutan dari program yang telah diadakan pada tahun 2014/2015. Pelatihan ini diikuti oleh 30 guru Bahasa Inggris terbaik di Kabupaten Bojonegoro dan Tuban.

Pelatihan yang diberikan antara lain teknik menulis materi pengajaran, teknik aplikasi sistem pengajaran dengan melibatkan siswa aktif. Pada tahun ini, para guru diberikan kesempatan untuk menghasilkan sebuah karya buku Bahasa Inggris yang nantinya dapat digunakan sebagai pegangan pengajaran.

"LEAP akan mempromosikan buku ini ke level nasional," katanya. (Ney/Red)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .