Kapolres Bojonegoro Ajak Tingkatkan Kewaspadaan Selama Ramadhan

Suara Bojonegoro     Kamis, Juni 09, 2016    

suarabojonegoro.com - Kepala Kepolisian Resor Bojonegoro AKBP Wahyu Sri Bintoro SH SIK MSi guna terus menciptakan rasa aman dan nyaman serta tentram diwilayah hukum Polres Bojonegoro, menyampaikan bebebrapa hal untuk meningkatkan kewaspadaan tindak kejahatan di Bulan Puasa Ramadhan ini.
Kembalinya bulan suci ramada pada Hijriyah ke-1437 ini. Masyarakat, khususnya umat muslim di Indonesia, tidak terkecuali di Kabupaten Bojonegoro tentunya akan semarak menyambut bulan di mana segala pahala serta dosa dilipat gandakan. Bulan dimana tolong menolong, mengaji, beribadah bahkan tidur pun akan mendapat pahala dari Allah SWT. Sungguh Allah Maha Besar dan Kuasa atas segala sesuatu.

Berikut Penyampaian dan himbauan Kapolres Bojonegoro untuk meningkatkan Kamtibmas dan kewaspadaan di Masyarakat:
Tanpa mengurangi rasa kecintaan kami kepada agama dan saudara sesama muslim, serta tanpa menghilangkan rasa hormat kami kepada saudara yang beragama lain, perkenankanlah kami, segenap keluarga besar Polres Bojonegoro menyampaikan selamat datang bulan suci Ramadan, selamat menunaikan ibadah puasa 1437 H. Semoga saudara-saudara muslim, terkhusus masyarakat Bojonegoro, dapat menjalani ibadah puasa dengan lancar dan aman tanpa kekurangan suatu aral apapun.
Menjelang Ramadan, berbagai bekal dan persiapan tentu saja akan disiapkan oleh saudara-saudara kebanyakan. Entah yang bersifat mental spiritual, maupun yang bersifat material, seperti segala kebutuhan makanan, pakaian, serta pernak-pernik 30 hari bulan suci hingga menuju hari kemenangan umat Islam pada 1 Syawal mendatang.
Silakan kepada seluruh saudara-saudara kami, mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik. Karena apa yang akan kita lampaui selama satu bulan ke depan ini akan menguji keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT. Siapkan dengan baik apa-apa saja yang Saudara butuhkan, termasuk kebutuhan akan keamanan dan kenyamanan dalam menjalankan ibadah puasa. Lepas dari itu, jangan juga menyepelekan apalagi mengabaikan hal-hal yang menjadi himbauan untuk memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) selama Ramadan.
Saudara-saudaraku, untuk mewujudkan keamanan dan kenyamanan di lingkungan kita, tentu saja, ada beberapa hal yang harus kita upayakan. Karena keamanan dan kenyamanan tidak tercipta dengan sendirinya, mari kita bersama-sama memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di lingkungan kita.
Beberapa hal yang perlu diperhatikan :
Antisipasi Curanmor
Seperti biasa, kebutuhan masyarakat selalu meningkat menjelang bulan puasa Ramadan dan Idul Fitri. Maka saudara-saudaraku juga harus memastikan keamanannya sendiri. Misalnya, saat bepergian ke sawah, ke pasar, ke supermarket, atau kemanapun, cobalah untuk memarkir kendaraan di tempat yang aman dan tidak jauh dari pengawasan dalam keadaan terkunci stang. Kemudian tambahkan pula kunci ganda untuk kendaraan yang terpaksa harus diparkir di tempat yang bukan tempat parkir. Selain itu, jangan sekali-sekali lupa melepas dan membawa kuncinya!
Antisipasi Pencurian di Rumah
Saudaraku, tentu saat ramadan tenaga dan perhatian kita akan banyak tersita. Selain itu, kita juga akan lebih sering meninggalkan rumah dalam keadaan kosong. Setelah mengerjakan aktivitas di luar sepanjang hari, pada waktu malam, saudara muslim kebanyakan juga akan keluar lebih dari satu jam untuk mengerjakan salat tarawih berjamaah di mushola atau masjid. Selain ibadah, beberapa saudara kita tentu akan keluar rumah untuk berpergian jauh, entah ke rumah saudara maupun mudik. Oleh karena itu, pastikan pula keadaan rumah dalam kondisi aman sebelum ditinggal. Lakukan hal berikut ini untuk mengantisipasi agar tidak terjadi pencurian saat rumah dalam keadaan kosong atau ditinggalkan penghuni :
Apabila akan tidur pastikan bahwa seluruh pintu dan jendela dalam keadaan terkunci.
Apabila hendak keluar rumah, pastikan kondisi jendela dan rumah sudah dalam keadaan terkunci.Titipkan kunci rumah ke tetangga sebelah rumah apabila akan bepergian jauh, namun masih ada anggota keluarga yang hendak masuk rumah.Jangan sungkan datang ke polsek terdekat untuk meminta bantuan pengawasan pada petugas patroli apabila akan keluar kota.
Antisipasi Pencurian di Kantor atau Toko
Pelaku pencurian, secara instan akan lebih suka menyasar kantor, toko atau tempat-tempat yang penuh dengan uang dan barang berharga. Maka hal ini perlu diperhatikan pula :
Pastikan kunci jendela dan pintu kantor atau toko saat ditutup dengan kunci dan gembok ganda.Amankan kantor, toko, supermarket dengan pemasangan cctv dan alat perekamnya
Antisipasi Curas
Situasi ekonomi yang kepepet tentu saja bisa memaksa orang melakukan kejahatan. Tanpa terkecuali melakukan Curas atau Pencurian dengan Kekerasan. Sehingga masyarakat harus mewaspadai tindak kriminal ini.
Apabila berpergian jauh dan berada pada jalanan yang sepi sebisa mungkin secara rombongan atau menunggu pengguna jalan yang lain. Hindari menempuh perjalanan sendirian dalam daerah hutan atau persawahan yang panjang
Antisipasi Kebakaran
Kebakaran terjadi tidak dengan sendirinya, melainkan ada yang menyebabkan. Kebanyakan terjadi karena korsleting listrik,ada juga kecerobohan lupa mematikan aoi bekas memasak atau karena kompor meledak. Maka sebaiknya saudaraku perhatikan :
Apabila mau tidur dan meninggalkan rumah, pastikan stop kontak, colokan listrik tidak melebih batas. Apabila sudah mulai hitam meleleh wajib ganti colokan listrik kita.Jangan meninggalkan rumah dalam kondisi kompor menyala. Pastikan dapur aman saat hendak ditinggal keluar.Cek dan pastikan sambungan gas kompor kita juga aman.
Demikian beberapa pesan yang kami sampaikan, dengan harapan keamanan dan ketertiban masyarakat, di Kabupaten Bojonegoro khususnya, bisa terus terpelihara dengan baik. Sehingga diharapkan pada bulan ramadan ini, tindakan kriminal akan berkurang dan masyarakat dapat melakukan ibadah puasa dengan aman dan nyaman. Amin.
Sekali lagi kami sampaikan, marhaban ya Ramadan. Selamat menunaikan ibadah puasa kepada masyarakat Bojonegoro dan saudara muslim seluruhnya(Umam/hms bjn/Red)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .