Komisi A Akan Review Perda Konten Lokal

Suara Bojonegoro     Senin, Juni 27, 2016    

Reporter : Sasmito Anggoro

suarabojonegoro.com - Komisi DPRD Bojonegoro akan melakukan Review Perda (peraturan daerah) Nomer 23 tahun 2011 tentang Konten lokal, pasalnya hal ini dilakukan setelah dipastikan Perda ini tidal dibatalkan oleh Kementrian Dalam Negeri, sehingga perda ini perlu di Optoimalkan.

"Dengan mengoptimalkan Perda ini akan dapat melindungi dan memberikan manfaat kepentingan masyarakat lokal dalam ikut proses Industrilisasi Minyak dan Gas di Bojonegoro," Jelas Anam Warsito Wakil Ketua Komisi A DPRD Bojonegoro, Senin (27/6/16).

Dijelaskan juga oleh Anam pihaknya beberapa waktu lalu komisi melakukan sosialisasi perundang-undangan yang membahas perda tersebut, dan banyak mendapatkan aspirasi bahwa Perda Konten Lokal masih kurang optimal dan masih banyak celah yang perlu dibenahi.

Diantara aspirasi yang diserap dalan kegiatan Komisi A dalam sosialisasi Perundang-undangan Konten Lokal tersebut, ditemukan adanya banyak kekurangan, diantaranya belum adanya sanksi jika ada pelaksanaan terhadap pelaksanaan perda tersebut, kemudian tim konten lokal masih berisikan para Birokrasi daerah, dan belum melipatkan masyarakat sipil baik Ormas, OKP, atau LSM, dan juga masih ada ketidakjelasan perda ini hanya untuk kegiatan usaha migas atau diluar kegiatan migas

"Beberapa hal tersebut perlu kita benahi agar perda tersebut bisa bermanfaat untuk masyarakat Bojonegoro," Pungkas Pria yang juga Sekeretaris DPD Partai Gerindra Bojonegoro.

Ditambahkan Pula belum maksimalnya Perda Konten Lokal ini adanya Konten lokal yang gulung tikar karena lamanya pencairan invoice dari pihak Kontraktoir operator migas, dan lamanya menunggu pencairan invoice ini hingga satu tahun lamanya, sehingga Pemkab Bojonegoro tidak bisa berbuat apa apa terkait kejadian tersebut. (Ang*)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .