Miniatur Pesawat Terbang Kreatif, Buatan Cah Bojonegoro

Suara Bojonegoro     Sabtu, Juni 04, 2016    

Reporter: Sasmito Anggoro

suarabojonegoro.com - Banyak pajangan miniatur pesawat terbang yang menjadi pajangan didalam rumah ataupun menjadi mainan anak anak, yang terbuat dari pabrikan, namun ada remaja Bojonegoro yang menciptakan miniatur kreatif oesawat terbang yang bisa dibuat pajangan dan juga dimainkan oleh anak anak.

Berawal dari Hobby yang suka mengerjakan sesatu hal yang suka memperhatikan sesuatu dan menantang dalam sebuah karya untuk bisa meskipun rumit, akhirnya membuat Tino Setiawan, warga Perumda, Kecamatan/Kota Bojonegoro mampu merubah Hoby menjadi karya yang dapat menghasilkan Rupiah.

Pemuda Lajang ini, berawal Hoby kreatif tradisional yang tersalur dari pemikiran, seperti mainan anak anak, yang berbentuk pesawat terbang, kini mulai ramai mendapatkan pesanan dari berbagai warga yang memang menyukai karyanya.

Sepintas lalu memang tidaklah istemewa, akan tetapi jika mau melihat hasil karya Tino ini akan berfikir lain, karena karya tangan yang dibuatnya sungguh menakjubkan, sebuah mainan pesawat yang terbuat dari bahan kayu dan plastik dapat diterbangkan melalui baling balinng dengan bahan karet gelang.

“Awalnya memang hoby, dari hoby membuat kerajinan tangan, dan hal hal yang rumit, saya mencoba membuat mainan pesawat dari plastik dan kayu, ternyata banyak respon dari masyarakat,” Terang dia saat ditemui di salah satu warung dijalan Hasyi Asyari Bojonegoro. Senin (30/5/16).

Anehnya Tino ini mengerjakan mainan ini tidak dirumahnya, akan tetapi dilakukan sambil ngopi atau saat sedang cangkrukan diberbagai tempat, serta membawa semua peralatannya dan juga bahan bahannya dari rumah, sehingga dengan kondisi santai dan ngobrol dia mampu menghasilkan hasil kreatifitas dan mengandung nilai seni yang tinggi.

Untuk memperlihatkan hasil karyanya kepada khalayak dan memasarkannya, Tino menggunakan media Sosial seperti Facebook, twiter dan juga Youtube, sehingga masyarakat yang tertarik karya pemuda ini langsung melakukan pemesanan melalui Medsos ataupun menghubunginya melalui telephone genggam.

“Sengaja saya memeragakan dan mempraktekan cara pembuatan karya karya say ditempat umum agar masyarakat tahu,” Tambahnya.

Tidak hanya mainan yang juga bisa dijadikan pajangan saja, namun tino juga membuat karya karya seni kreatif lainnya yang mengandung unsur keunikan dan hasil pemikiran yang rumit, sehingga karya yang dihasilkan tidak hanya sebatas alat mainan, akan tetapi ada ide ide kreatifnya.

Seperti mainan pesawat terbang yang dia buat, tidak hanya bagus untuk dipandang saja, akan tetapi bagaimana mainan pesawat terbang yang dibuat secara manual ini juga mampu terbang, dengan menggunakan baling-baling serta desain yang dia buat secara kreatif. (Ang*)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .