Oklik Tradisi Yang Masih Terjaga Dibulan Puasa

Suara Bojonegoro     Sabtu, Juni 11, 2016    

suarabojonegoro.com - Trasidisi uklik,atau biasa di sebut Tong tong klek,dan bahkan warga pedesaan menyebutnya uprakan, yaitu suatu kelompok kecil warga yang menabuh gamelan dan kentongan untuk membangunkan warga agar melakukan kegiatan sahur di bulan puasa Ramadhan.

Tradisi tahunan ini hingga saat ini masih terjaga di beberapa wilayah di Jawa Timur, khusunya Bojonegoro, kegiatan uklik ini setiap dini haru mulai jam 01.00 WIB masih sering kita temui di jalan jalan baik pedesaan maupun perkotaan.

Seperti yang setiap hari di lakukan oleh warga Kecamatan Sumberrejo ini , setiap harinya masih melakukan kegiatan uklik untuk membangunkan warga untuk melakukan sahur.

Adnan (21), salah satu pemuda yang setiap harinya melakukan kegiatan ini mengaku dirinya bersama teman temanya senang melakukan kegiatan ini tanpa mengharap imbalan apapun.

“Yang kami lakukan adalah Ibadah,kami hanya membantu warga untuk bangun, dan melakukan sahur,” Katanya.

Bersama 8 orang temanya Adnan dengan membawa beberapa peralatan sederhana seperti kentongan, Jerigen, Gambang, dan rebana, yang mereka tabuh berangkat dari Mushola setempat mengawali menabuh, dan membunyikan suara uklik berkeliling pemukiman.

Hal tersebut dilakukan Adnan bersama teman temannya,bahkan ada anak anak yang sengaja ikut, agar menjadi tradisi yang tidak dilupakan apalagi di tinggalkan, Karena menurutnya tradisi uklik ini tampak memang dari masyarakat, bukan tampak ketika dilombakan. (Red)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .