Relawan TIK Bojonegoro Kenalkan Bojonegoro Digital Ekonomi

Suara Bojonegoro     Kamis, Juni 23, 2016    

Oleh : Nova Wijaya/RTIK Bojonegoro


#Latar belakang
Mendorong pertumbuhan penggunaan nama domain berbasis .id yang menggunakan server hosting dan data center dalam negeri. Hal ini dikarenakan pertumbuhan retail internet di Indonesia dalam kurun 2010-2013 sebesar: 36%-Perdagangan daring memiliki peningkatan pendapatan 26% - 75%-Pemain domestik yang melakukan perdagangan online -Biaya pengeluaran bandwidth. Indonesia untuk bandwidth internasional lebih dari 300 miliar per tahun.

#Program Kementrian Kominfo dan pendamping dari Relawan TIK Bojonegoro berdasarkan latar belakang tersebut meluncurkan program “Sejuta Domain .id”, yaitu:
1. Menyediakan hosting dan domain Indonesia gratis selama satu tahun
2. Menyediakan tim pendamping untuk program tersebut

Rifaun Naim selaku ketua Relawan TIK Bojonegoro mengatakan, “Sasaran program ini adalah UMKM yang berpotensi menjual produk jasa secara online. Harapannya akan semakin banyak produk yang akan dikenal di luar negeri pada akhirnya akan terjadi peningkatan pendapatan. Seperti diketahui transaksi E-Commerce  tahun lalu di Indonesia mencapai 180 trilyun. Sebuah angka yang sangat fantastis”, ujarnya.
Di tambahkan lagi, “Selain pendaftaran domain, hosting dan website GRATIS akan juga di dampingi sampai bisa melakukan transaksi secara online sampai pengiriman barang secara benar, yang menjadi catatan adalah bahwa domain gratis ini hanya berlaku selama 1 tahun. Sehingga perlu adanya pemahaman pemilik domain bahwa apa yang mereka dapatkan melalui domain tersebut akan membuat usaha mereka tambah maju,” tambahnya.

UMKM hanya melaksanakan beberapa persyaratan. Persyaratan untuk pengajuan domain gratis dapat disimak dalam beberapa poin berikut.
Persyaratan Umum Pengajuan Domain .id
1. Nama domain harus sesuai dengan kriteria penamaan.
2. Nama domain harus menghormati dan tidak bertentangan dengan HaKI (Hak Kekayaan Intelektual), IPR, Hak Paten/Merk.
3. Untuk domain co.id, jika persyaratan SIUP/TDP, Akte, NPWP dan lain sebagainya sedang dalam proses pembuatan, perlu dilampirkan Surat Keterangan/Pernyataan dari Notaris.
4. Masa berlaku domain yang difasilitasi adalah 1 (satu) tahun sejak tanggal persetujuan penggunaan nama domain tersebut.

Persyaratan Khusus Pengajuan Domain .id
1. UKM memiliki produk (barang atau jasa) yang dapat ditawarkan secara online.
2. Produk atau jasa yang ditawarkan terjamin keamanan dan kualitasnya.
3. Ada penanggung jawab WNI yang berusia minimal 17 tahun.
4. Penanggung jawab memiliki alamat di Indonesia dan nomor telepon yang dapat dihubungi.
5. Wajib menyiapkan materi yang akan ditampilkan dalam website.
6. Bersedia memenuhi persyaraatan lain yang ditentukan.

Administrasi yang Harus Dilengkapi
1. Domain .id, untuk perusahaan diperlukan KTP/SIM/Paspor yang masih berlaku, SIUP/TDP/Akta Notaris (cover dan halaman 1)/Surat Ijin yang Setara, sedangkan untuk personal hanya diperlukan KTP/SIM/Paspor yang masih berlaku.
2. Domain co.id, diperlukan KTP/SIM/Paspor yang masih berlaku, SIUP/TDP/Akta Notaris (cover dan halaman 1)/Surat Ijin yang Setara, Kepemilikan Merk (bila ada), Surat Pernyataan (bila nama tidak sesuai dengan nama perusahaan)
3. Domain web.id, diperlukan KTP/SIM/Paspor yang masih berlaku.
4. Domain biz.id, diperlukan KTP/SIM/Paspor yang masih berlaku, NPWP Badan/Pribadi
5. Domain my.id, diperlukan KTP/SIM/Paspor yang masih berlaku.

Formulir download di : www.rumahtik.com/formulir.doc
Dan sesudah diisi dan dilengkapi persyaratannya bisa dikirim ke : info@rtikbojonegoro.or.id

Selain untuk UKM, Program Satu Juta Domain GRATIS dari Kominfo ini juga diperuntukkan untuk Sekolah atau Madrasah, Pondok Pesantren Dan Komunitas. (Nov/JW)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .