Semburan Lumpur Di Gondang, Kini Menjadi Air Bekhutuk

Suara Bojonegoro     Senin, Juni 13, 2016    

Reporter : Sasmito Anggoro

suarabojonegoro.com - Semburan Lumpur di Dusun Kramat, Desa Jari,  Kecamatan hingga saat ini masih terjadi akan tetapi berbeda dengan kejadian dua bulan lalu yang hingga menyemprot ke atas semburan yang diduga akibat gas dari dalam tanah ini saat ini berupa bekhutuk, atau mengeluarkan gelembung gelembung kecil diair. Senin (13/6/16).

Menurut salah satu warga Kecamatan Gondang, Rian bahwa saat ini kondisi air dibekas semburan beberapa waktu lalu masih ada, dan terdapat gelembung gelembung kecil, diperairan yang dikeluarkan dari dalam tanah.

"Kondisi airnya sekarang sama persis dengan yang ada di sebelah kayangan api," Katanya kepada suarabojonegoro.com.

Sampai saat ini, justru warga yang penasaran juga masih berkunjung ke lokasi air bekhutuk bekas semburan lumpur ini, mereka sengaja datang untuk melihat langsung air bekhutuk yang saat ini seperti air bekhutuk di Kayangan Api.

Sementara itu Ahli Geologi dari UPN Jogjakarta, Jatmiko pernah menyampaikan bahwa, kondisi air yang keluar dari dalam dengan adanya tekanan gas dari bawah ini tidak berbahaya.

Sejak sebulan lalu memang sudah tidak ada penambahan volume air dan juga lumpur, "Ini hanya karena Gas yang keluar melalui kondisi Air Formasi, sehingga hanya bekhutuk dan airnya tidak bertambah besar," Terangnya.

Dijelaskan pula oleh Jatmiko, bahwa lempung yang bercampur FE dan juga bercampur batu gamping, dikatakan tidak berbahaya bagi tumbuh-tumbuhan yang ada disekitar lokasi air bekhutuk tersebut. (Ang*)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .