Sering Overload, Ada Faktor Kebijakan Internal RSUD Sendiri

Suara Bojonegoro     Kamis, Juni 23, 2016    

Reporter : Iwan Zuhdi

suarabojonegoro.com - Sering terjadinya overload di Rumah Sakit diwilayah Kabupaten Bojonegoro, menjadikan pihak legislatif harus mencari solusi untuk memecahkan permasalahan yang sering terjadi khusunya di Rumah Sakit Umum Daerah Sosodoro Djatikoesoemo Kabupaten Bojonegoro.

Dikatakan oleh Anggota Komisi C DPRD Kabupaten Bojonegoro, Sally Atyasasmi usai melaksanakan kunjungan kerja terkait pelayanan kesehatan ke DPRD Kota Semarang Jawa Tengah beberapa hari lalu. Ia menjelaskan, kunjungan ke Kota Semarang itu untuk mencari solusi dari permasalahan Rumah Sakit di Bojonegoro yang sering overload.

"Sebenarnya seringnya overload itu banyak faktor, salah satunya kebijakan dari internal rumah sakit itu sendiri," katanya kepada suarabojonegoro.com, Kamis (23/6/16) siang.

Dari hasil kunker tersebut, dicontohkan bahwa sekitar 27 rumah sakit yang ada di Semarang kota juga masih mmengalami overload. Sebab itu, Komisi C menilai bahwa Pemkot Semarang bisa dan mampu menyelesaikan permasalahan terjadinya overload tersebut, kemudian seringnya rumah sakit yang overload di Bojonegoro tidak terjadi lagi.

"Disana juga sudah diamati bahwa dengan banyak rumah sakit sebenarnya tidak mengurangi orang sakit secara efektif karena pendekatan kuratif membutuhkan biaya yg besar.  Mereka lebih mengoptimalkan pendekatan promotif dan preventif," punkasnya. (Wan/Red)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .