SMK Negeri 5, Serunya Pondok Ramadan di Pesantren

Suara Bojonegoro     Kamis, Juni 09, 2016    

Reporter : Sasmito Anggoro

suarabojonegoro.com - Bulan suci ramadan adalah bulan yang pas untuk memperbanyak ibadah, disamping siang hari kita harus menjalankan puasa penuh dan ditambah malam hari kita harus melaksanakan salat tarowih serta tadarus al quran tentu masih banyak ibadah lain yang bisa kita laksanakan, seperti mendalami ilmu agama juga berbagi dengan sesama.

Saat siang hari, waktu dimana kita harus manahan nafsu salah satunya makan dan minum, tentunya rasa malas untuk berkegiatan akan timbul karena badan terasa lemas. Tentu hal itu bukan alasan.

Seperti yang dilakukan oleh siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 5 Bojonegoro. Pada bulan puasa ramadan ini 1437 H, sekolah yang dikenal dengan jurusan migasnya itu mengadakan kegiatan pondok ramadan di Pesantren Raudlatul Ulum Desa Campurejo Bojonegoro.

Kegiatan yang dimulai pada Kamis (9/6/16) itu diikuti oleh selurus siswa SMKN 5 dan terbagi menjadi 2 gelombang hingga Sabtu (11/6/16). Seperti yang diungkapkan guru agama, Auliyaurrohim, bahwa kegian pondok ramadan tahun ini digelar di pesantren. Disamping siswa bisa merasakan suasana pesantren yang sebenarnya, tentu banyak pembelajaran yang bisa didapat dari pesantren seperti antre ta'jil berbuka, kesederhanaan, melatih kesabaran dan juga kebersamaan.

"Dan kegiatan pondok ramadan ini siswa-siswi fuul kegiatan mengaji dari pagi sampai malam, dan jeda istirahat disela-sela kegiatan itu," terang guru agama SMK Migas Bojonegoro.

Untuk kitab yang dikaji, kata Auliyaurrohim, ada kitab fikih dan juga akhlak. Fikih mengajarkan siswa-siswi agar faham tata cara beribadah dengan benar, juga akhlak tentu sangat bagus untuk anak muda, seperti adab bergaul dengan lawan jenis juga tata krama.

"Semua diajarkan agar siswa mempunyai akhlak yang mulia," terangnya.

Salah satu siswa dari Jurusan Teknik Pemboran Minyak dan Gas Bumi (TPMG), Alfa mengaku senang dengan suasana pesantren yang bersahaja. Ia bersama teman-temannya seharian diajak untuk benar-benar memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya.

"Suasana ramadan yang penuh barokah tahun ini. Selesai mengaji al quran istirahat sebentar dilanjut dengan kajian akhlak. Meski agak malas tapi niat untuk belajar terus bergelora. Semoga tahun depan bisa lebih lama lagi di pesantren saat ramadan," jelas Alfa bersemangat diamini teman-temannya.

Terpisah, kepala sekolah SMKN 5 Bojonegoro, Suyono mengaku senang dengan semangat siswa-siswi mengikuti program pondok ramadan di pesantren ini, meski badan lemas karena berpuasa, tapi semangat dan suasana asli pesantren bisa merubahnya.

"Tentu ini hal positif yang harus didukung, karena waktu juga bertepatan dengan libur sekolah, guru juga siswa sama-sama semangat. Semoga bisa menginspirasi untuk semua bahwa puasa tidak harus bermalas-malasan," tutup Kepala Sekolah. (Ang/Red)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .