Tauziiyah Ramadhan: Puasa Dengan Ikhlas Di Bulan Suci Ramadhan

Suara Bojonegoro     Selasa, Juni 14, 2016    

RamadhanPuasa di bulan Ramadhan adalah salah satu kewajiban bagi setiap umat islam di seluruh dunia. Bulan Ramadhan berlangsung selama kurang lebih 30 hari dan di penghujung bulan Ramadhan kita akan menyongsong hari Kemenangan yaitu hari raya Idul Fitri dimana kita kembali disucikan dari dosa-dosa kita setelah melakukan puasa selama satu bulan.

Rasulullah saw bersabda: “Barang siapa yang berpuasa di bulan Ramadhan dengan iman, ikhla,s dan mengharapkan ridho-Nya, niscaya dosa-dosanya yang terdahulu diampuni oleh Allah swt”. (HR. Ahmad dan As-Sunan). Pada bulan suci Ramadlan itulah Allah akan melipatgandakan pahala bagi orang yang melaksanakan ibadah, khususnya ibadah puasa yang pahalanya akan diberikan langsung oleh Allah swt. Luar biasaaa..

Puasa tentunya mempunyai manfaat bagi manusia secara batin, seperti misalnya dengan berpuasa kita menjadi lebih terlatih dalam hal menahan nafsu. Nafsu tersebut tidak hanya nafsu dalam bentuk emosi saja, namun juga nafsu makan dan minum. Anda menjadi lebih bersabar dan menjadikan Anda manusia yang lebih baik lagi. Pada saat berpuasa di bulan Ramadhan Anda juga menjadi semakin mendekatkan diri kepada Allah karena bulan Ramadhan adalah bulan penuh pengampunan.

Selain itu puasa juga berguna bagi manusia secara fisik. Karena dengan puasa maka secara tidak langsung Anda juga membersihkan tubuh Anda dengan tidak memakan makanan dan minuman yang tidak baik bagi tubuh karena memang waktu makan Anda dibatasi hanya pada saat waktu berbuka puasa dan pada saat sahur saja. Sehingga di dalam 2 waktu itu Anda hanya akan berfokus pada makanan dan minuman yang akan membangkitkan energi Anda kembali. Sistem pencernaan manusia juga menjadi lebih sehat karena pada saat puasa dengan berkurangnya waktu maka, maka sistem pencernaan Anda akan lebih banyak memiliki waktu untuk beristirahat menjadi lebih baik.

Lakukanlah puasa di bulan suci Ramadhan secara iklas dan benar-benar mengharap pahala dan ridlo dari Allah. Hindarilah amarah, nafsu duniawi, dan ketamakan saat menjalankan puasa. Perbanyaklah ibadah dibulan suci Ramadlan, Ingatlah bahwa pahala besar menanti orang-orang yang dengan ikhlas menjalankan puasa dan ibadah sunah lainnya. Selamat menjalankan ibadah puasa, dan semoga bermanfaat….

Sumber : http://www.bankiwan.com/puasa-dengan-ikhlas-di-bulan-suci-ramadhan/

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .