Tauziyah Ramadhan: 5 Cara Menahan Nafsu di Bulan Puasa Tak Lagi Jadi Beban

Suara Bojonegoro     Rabu, Juni 15, 2016    

Saat puasa, orang-orang harus banyak menahan nafsu, mulai dari nafsu makan dan minum, nafsu dalam bentuk emosi ataupun kemarahan dan lainnya. Nah IDNtimes punya cara paling gampang untuk menghindari nafsu-nafsu tersebut atau untuk menekan nafsu tersebut!



1. Kalau kamu merasa nafsu makan dan minum tidak dapat terkendali, cobalah mengucapkan istighfar dan mengingat kenikmatan waktu berbuka saat maghrib tiba.

Tidak ada yang bisa mendeskripsikan nikmatnya makan kolak pisang dan minum es buah saat merasa haus dan lapar ketika sudah saatnya berbuka puasa. Puasa kan memang mengajarkan kita arti kesabaran yang berbuah kenikmatan.

2. Nafsu berbentuk emosi memang menyusahkan. Kalau tiba-tiba tidak tertahankan, coba tarik nafas dalam-dalam dan pejamkan mata.

Bayangkan malaikat sedang mengawasimu dengan seksama untuk membuat laporan harian kepada Tuhan. Dijamin kamu jadi takutuntuk marah-marah!

3. Nafsu birahi juga harus dihindari di bulan SuciRamadan. Kalau kamu membayangkan hal-hal tidak senonoh, segeralah berwudhu dan mulai membaca surat Al-Fatihah atau surat-surat lainnya.

Kamu pasti akan langsung merasa malu ketika membaca ayat-ayat suci Al-Quran ketika sedang membayangkan hal-hal yang membangkitkan nafsu birahi. Apalagi kalau kamu resapi dan renungi arti dari Surat tersebut.

4. Nafsu untuk mengeluh seringkali terjadi saat berpuasa. Cara terbaik menghindarinya adalah melakukan aktivitas yang kamu sukai.
Kamu akan cenderung mengeluh jika tidak ada aktifitas yang memintamu untuk fokus dan menyita semua perhatianmu. Cobalah melakukan hobi atau kegiatan yang menyenangkan seperti menulis di blog atau membaca artikel IDNtimes. Kamu pasti akanlupa untuk mengeluh.

5. Nafsu mengumpat juga hal yang paling biasa terjadi. Kadang-kadang kamu harus melatih diri untuk pergi ke tempat yang berpotensi kecil untuk melakukannya seperti masjid atau perpustakaan.

Gairah untuk mengumpat selalu terjadi jika kamu memiliki teman dan kesempatan untuk melakukannya. Oleh karena itu ada baiknya sesekali menghindari keramaian yang berisi orang-orang yang suka bergosip dan memiliki aura negatif.

Sebenarnya menahan nafsu itu gampang kalau disertai hati yang ikhlas karena sang Pencipa dan niat tulus bagi yang melakukannya. Semoga kamu terhindar dari berbagai macam nafsu itu dan selamat berpuasa bagi yang menjalankannya.


Sumber: http://www.idntimes.com/maulida-ayu/5-cara-termutakhir-dalam-menahan-nafsu

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .