Tauziyah Ramadhan: Puasa Membuat Kita Sehat dan Selamat Dunia Akhirat

Suara Bojonegoro     Senin, Juni 20, 2016    

Selain bernilai ibadah yang hubungannya langsung dengan Sang Khalik, ternyata puasa juga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kita yang menjalankannya apalagi membiasakan puasa rutin misal puasa sunah senin-kamis. Puasa memiliki manfaat untuk kesehatan disini semoga kita memulai untuk membiasakan amal ibadah yang satu ini. Maksudnya adalah janganlah kita berpuasa dengan niatan untuk selain pada-Nya. Misal; Puasa karena ingin irit, ingin turun berat badan, dll.

Mari kita ulas sedikit dari banyaknya manfaat puasa bagi kesehatan walaupun awalnya hanya untuk diketahui saja bukan dijadikan tujuan.

Berikut  manfaat puasa bagi kesehatan tubuh antara lain;


 Puasa dapat menyehatkan jantung. Sangat bermanfaat bagi penderita jantung karena dengan perut lapar kerja jantung lebih tenang dan stabil.

   Puasa akan mengurangi berat badan (Gemuk) jika dilakukan dengan sebaik baiknya yaitu ketika sahur maupun berbuka tidak makan dengan berlebih-lebihan. Puasa bukanlah pindah jadwal makan, antara melakukan puasa dengan tidak puasa harusnya jumlah makanan atau porsi makanan yang kita makan harus berbeda. Jika sama maka puasa hanya pindah/ganti jadwal makan.
   Dengan berpuasa kita dapat mencegah ataupun mengurangi tekanan darah tinggi, kencing manis, penyakit kantong empedu dan rematik (encok)
  Berlapar lapar pada puasa dapat memberikan manfaat untuk mengurangi tekanan pada penderita urat syaraf, karena dengan berpuasa seseorang akan dilatih bahkan diharuskan untuk terbiasa bersikap sabar, menahan marah, pemaaf dan penyantun.


Baca juga: Pola Hidup SehaAla Rasulullah
 

Apa jadinya jika ada seseorang berpuasa pada waktu sahur maupun berbuka minum suplemen sebagai media memperkuat daya tahan tubuh akibat puasa sehingga pada waktu siang hari tidak merasakan lapar, Apakah orang tersebut dapat mengambil manfaat dan pelajaran dari puasa?
 
Tidak perlu menjawab pertanyaan diatas dengan terburu-buru karena memang setiap orang memiliki maksud dan tujuan serta niat yang tidak sama pula. Maksudnya perbaiki saja niat puasanya hanya mengharap ridho-Nya semata tanpa menghakimi siapapun diantara kita jika memang tidak memilik Pendapat.




Sumber: http://www.anwariz.com/2015/01/puasa-membuat-kita-sehat-dan-selamat.html?m=1

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .