Tingkatkan Kapasitas, Kartar Kecamatan Gayam Studi Banding

Suara Bojonegoro     Rabu, Juni 01, 2016    

Reporter : Nella Rachma

suarabojonegoro.com - Karang Taruna dari 12 di Kecamatan Gayam dilatih dan digembleng selama tiga hari di Yogyakarta. Para pemuda sekitar wilayah Lapangan Banyu Urip Blok Cepu ini mengikuti serangkaian kegiatan peningkatan kapasitas sebagai individu dan organisasi. "Selain training motivasi, kita juga melakukan studi banding dengan karangtaruna terbaik nasional," ungkap ketua Forum Pengurus Karangtaruna Kecamatan Gayam (FKKG), Muhamad Kundori di sela-sela kegiatan hari kedua, Rabu (1/6/2016).

Pemuda asal Desa Ngraho itu mengatakan, kegiatan ini  diprakarsai ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) sebagai bentuk sinergi perusahaan dengan pemuda setempat. Dia berharap, melalui program seperti ini, generasi muda sekitar proyek migas mampu berprestasi dan menorehkan sejarah baik bagi desa dan negara.

"Itulah kenapa kami melakukan Sinau Bareng perintis Karangtaruna terbaik nasional, Eko Wihadi, yang telah berhasil membawa Karangtaruna Desa Semen Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar meraih predikat terbaik nasional sebanyak dua kali, yaitu tahun 2008 dan 2013," jelasnya.

Dalam rangkaian kegiatan, Karangtaruna se-Kecamatan Gayam ini, lanjut Kundori, juga akan menyusun rencana strategis untuk lima tahun ke depan. "Kita bangun visi yang jelas dan terencana," ucapnya.

Sementara itu, External Affairs Manager EMCL, Dave Seta mengatakan pihaknya akan selalu mendukung kegiatan positif para pemuda. Dia berharap, kegiatan ini menjadi wadah belajar bersama bagi anggota karangtaruna Kecamatan Gayam. "Nantinya apa yang didapat di sini bisa diaplikasikan dan ditularkan kepada yang lain di masyarakat," tukasnya.

Seorang peserta dari Desa Begadon, Arsyad Shodiq mengaku telah mempersiapkan diri untuk mengikuti kegiatan ini. Dia bahkan sempat membaca beberapa referensi tentang karangtaruna terbaik nasional.

"Saya sangat senang dengan kegiatan ini karena banyak sekali pengetahuan dan pengalaman baru yang kita dapatkan," katanya. (Ney/Red)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .