Tips Tetap Bugar Selama Ramadhan

Suara Bojonegoro     Selasa, Juni 07, 2016    

Reporter : --

suarabojonegoro.com - Selama bulan Ramadhan, energi kita tentunya tidak seperti hari biasanya. Lemas karena energi berkurang serta hari yang panas, membuat kita malas untuk melakukan aktivitas. Kita butuh nutrisi yang pas agar dalam menjalankan puasa menjadi lancar. Nah, agar Anda cukup nutrisi dan kesehatan Anda terjaga tetap fit, berikut akan dijelaskan beberapa tips tetap bugar selama Ramadhan:

1. Tips yang pertama agar tetap bugar selama Ramadhan adalah makan sahur sebelum berpuasa. Sahur bukan hanya menjadi bekal kita saat puasa, namun juga termasuk suatu ibadah. Banyak orang yang tidak menjalankan sahur saat berpuasa. Kebanyakan beralasan sulit atau malas untuk bangun sahur. Hal tersebut harus dihilangkan dari kebiasaan Anda. Sahur harus dilakukan agar badan tetap fit selama sehari menjalankan puasa. Saat sahur, sebaiknya jangan makan berlebihan, lebih baik cukup. Utamakan untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan karbohidrat kompleks, protein, lemak sehat, dan vitamin yang akan menjaga tubuh kita sehari penuh agar tetap bugar selama Ramadhan. Jangan lupa tambahan susu, air putih dan buah-buahan yang cukup agar tidak cepat lemas, dan kulit terjaga kelembabannya.

2. Yang kedua adalah dengan istirahat yang cukup bila memungkinkan. Upayakan agar tidak mengambil aktivitas yang terlalu menguras tenaga.

3. Saat berbuka puasa, usahakan jangan terlalu memforsir makanan atau minuman berlebih. Cukup itu lebih baik. Menjalankan sunnah yang disarankan Rasulullah itu lebih baik, yaitu dengan cara berbuka dengan memilih salah satu minuman berikut yaitu air putih, teh hangat, atau jus buah, dan ditambah kelengkapannya dengan kurma. Setelah menjalankan salat maghrib, Anda bisa makan besar dengan porsi pas, usahakan jangan terlalu berminyak dan jangan terlalu banyak minum es, karena akan berakibat radang tenggorokan. Lebih baik makan makanan sehat dan seimbang.

4. Selama buka atau sahur, minum air putih yang cukup adalah hal yang disarankan, karena akan membantu menjaga tubuh tetap fit. Usahakan kebutuhan 8 gelas air tercukupi.

5. Sewaktu malam hari, disarankan untuk menghindari godaan minum kopi atau soda.

6. Selalu siapkan pencuci mulut di meja makan seperti buah segar atau kacang. Hal itu lebih menyehatkan daripada harus mengkonsumsi cokelat atau permen.

7. Olahraga ringan selama berpuasa juga sangat baik. Contohnya adalah berjalan kaki selama 10 sampai 20 menit setiap sore hari sebelum berbuka atau malam hari setelah berbuka.

8. Hindari makan makanan pedas dan gorengan. Hal tersebut perlu dihindari karena bisa menyebabkan perut mulas atau gangguan pencernaan lain.

9. Atur jadwal Anda untuk pergi tidur. Cukup tidur akan membuat badan Anda lebih sehat dan bugar pada esok harinya.

10. Jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan gigi Anda dengan menyikat gigi setiap sesudah sahur dan buka, serta sebelum tidur.

11. Yang selanjutnya, agar tetap bugar selama ramadhan adalah konsultasi dengan dokter tentang multi vitamin yang baik untuk dikonsumsi selama puasa atau konsultasi tentang kesehatan Anda.

12. Berhenti merokok saat bulan puasa akan membuat tubuh tetap bugar. Selain itu, cuci tangan dengan teratur dan hindari orang yang sedang sakit flu atau batuk.

Itulah beberapa tips bugar selama Ramadhan. Semoga bermanfaat buat Anda. Semoga ibadah dan kesehatan Anda beriringan tetap terjaga kebaikannya. (**)

Sumber : http://tipskesehatanlengkap.com/tips-tetap-bugar-selama-ramadhan

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .