Waspada Banjir, Air Sungai Begawan Solo Naik Cepat

Suara Bojonegoro     Minggu, Juni 19, 2016    

Reporter : Sasmito Anggoro

suarabojonegoro.com - Kenaikan air sungai Begawan Solo yang naik relatif cepat, kepala BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Pemkab Bojonegoro menghimbau semua pihak mengantisipasi, mensosialisasikan, dan melakukan berbagai langkah untuk waspada datangnya air yang dimungkinkan jika meluap dibantaran sungai Begawan Solo, Minggu (19/6/16).

Berikut himbauan kepala BPBD Pemkab Bojonegoro Andik Sudjarwo, bahwa sebelumnya Dilaporkan dengan hormat bahwa TMA Bengawan Solo siang ini mengalami trend kenaikan yg relatif cepat. Hal ini disebabkan kiriman air dari hulu berangsur angsur masuk wilayah Bojonegoro. Apabila tidak ada tambahan air hujan, maka kenaikan TMA Bengawan Solo kami perkirakan mencapai siaga 1 (siaga hijau) pada tengah malam nanti, meskipun belum terdapat genangan di wilayah sepanjang bantaran, yg perlu diperhatikan adalah keamanan/keselamatan transportasi bengawan maupun aktifitas di sungai lainnya.

Selanjutnya apabila hujan terjadi dan berkontribusi pd kenaikan TMA Bengawan Solo sebagaimana prakiraan BMKG selama 3 hari kedepan, maka BPBD memprediksi TMA Bengawan Solo akan mencapai level siaga 2 (siaga kuning). Adapun beberapa daerah potensi terdampak genangan yg harus segera mengambil langkah2 antisipasi scr cepat meliputi :

1. Kecamatan Trucuk
    - Ds. Guyangan
    - Ds. Trucuk
2. Kecamatan Kota
    - Kel. Ledok kulon
    - Kel. Ledok wetan
3. Kecamatan Balen
    - Ds. Sekaran
    - Ds. Kdng dowo
    - Ds. Lengkok
    - Ds. Kdng bondo
    - Ds. Sarirejo
    - Ds. Pilang gede
4. Kecamatan Boureno
    - Ds. Kalisari
    - Ds. Tanggungan
    - Ds. Lebaksari
    - Ds. Kadung rejo
    - Ds. Pucang arum
    - Ds. Pomahan
    - Ds. Sembung lor
    - Ds. Karang dayu

Hingga pukul 15. 00 WIB dari Sumber data dari Kantor UPT. PSDA wilayah Sungai Begawan Solo di Bojonegoro ketinggian air sungai begawan Solo di Karangnongko mencapai 25.27 pheilschalle dan di Taman Begawan Solo (TBS) Bojonegoro mencapai ketinggian 10.04 pheilschalle. Meski belum masuk siaga namun trend air dilaporkan sangat cepat dan deras mengalir ke wilayah hilir. (Ang*)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .