5 TIPS UNTUK MEMASUKI AJARAN BARU

Suara Bojonegoro     Minggu, Juli 17, 2016    

Reporter : --

Sebentar lagi tahun ajaran baru akan segera dimulai, maka dari itu segala sesuatu harus dipersiapkan dengan baik agar semua berjalan lancar. Mengajar bukan hanya sekedar masuk kelas dan memberikan materi sesuai dengan silabus dan RPP. Mengajar berarti juga harus mentransfer ilmu yang bernilai ibadah. Mengajar bukan kewajiban guru, melainkan sebagai ladang ibadah bagi guru.
Memasuki tahun ajaran baru beberapa hal berikut ini harus dipersiapkan. Mengajar tanpa persiapan sama saja kalah sebelum perang. Jaman gadget seperti sekarang ini informasi berkembang sangat pesat dan jika guru tak mampu mengikutinya maka akan sangat ketinggalan jaman. Anak jaman sekarang sangat aktig dalam mengikuti perkembangan informasi, maka jika seorang guru tak mampu mengimbanginya, ilmu yang ditransfer hanya akan menjadi sebuah materi belaka tanpa bisa dikaitkan dengan dunia nyata.
Persiapkan diri anda untuk menjadi guru yang menyenangkan di tahun ajaran baru ini.
Perangkat pembelajaran
Perangkat pembelajaran merupakan senjata yang digunakan guru saat mengajar. Jika membaca perkembaangan saat ini maka perangkat pembelajaran menjadi sebuah perdebatan. Ada yang megatakan penting karena menjadi pemandu dalam melakukan KBM. Untuk yang kontra, perangkat pembelajaran hanya menjadi benda mati yang tidak bisa diaplikasikan.
Hal ini didasarkan karena saat mengajar banyak guru yang tidak membawa perangkat pembelajaran. Bahakan sekarang ini banyak layanan pembuatan perangkat pembelajaran secara mudah. Cukup order dan barang jadi.  Bagaimanapun anggapan anda, perangkat pembelajaran merupakan syarat administratif yang harus dipenuhi oleh guru. Perangkat pembelajaran akan sangat dibutuhkan ketika aktreditasi sekolah.
Bahan Ajar
Bahan ajar adalah senjata bagi seorang guru ketika berada di kelas. Walaupun anda memegang tingkatan kelas yang sama setiap tahunnya namun materi anda harus selalu di update berdasarkan perkembangan jaman. Materi pelajaran akan semakin menyenangkan jika dikaitkan dengan peristiwa kekinian.
Selain materi, anak-anak akan lebih senang dan cepet menangkap pelajaran jika dikaitkan dengan sebuah film. Maka sebelum masuk ajaran baru, carilah sebuah film yang relevan dengan materi yang akan anda sampaikan.
Diary mengajar
Dalam mengajar pastikan anda memiliki buku khusus yang mencatat tentang KBM. Anak-anak yang unik bisa dijadikan bahan untuk mengisi buku diary. Pastikan anak-anak yang memiliki kebutuhan khusus baik tentang pelajaran ataupun perilakunya. Hal ini akan membantu anda dalam mengambil kebijakan yang tepat saat mengajar.
Perawatan laptop atau notebook
Perawatan laptop atau notebook harus dilakukan dalam rangka melancarkan aktifitas KBM anda. sebelum mulai ajaran baru maka lakukanlah pembersihan file dalam notebook anda. Pastikan file yang tidak lagi terpakai dihapus karena jika tidak, maka hanya akan mengganggu kerja notebook anda menjadi lemot. Jika perlu anda bisa menginstal ulang notebook anda agar semua berjalan lancar.
Wajah harus fresh
Wajah harus fresh ini terlepas dari langsing atau tidak tubuh anda. Wajah yang fresh akan membuat anak-anak merasa nyaman untuk memandang anda. Usahakan selalu bahagia, karena jika anda bahagia maka apapun yang anda lakukan akan menyenangkan. Jagalah sehat jasmani dan sehat rohani.
Semoga bermanfaat dan mari niatkan beribadah dengan menjadi guru. Selamat berbagi ilmu. 



© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .