Antisipasi Beredarnya Vaksin Palsu Di Bojonegoro, Dinkes Sidak Ditempat Pelayanan Imunisasi

Suara Bojonegoro     Sabtu, Juli 02, 2016    

Reporter: Iwan Zuhdi

suarabojonegoro.com - Antisipasi dan juga guna menjaga keresahan masyarakat adanya Vaksin palsu yang beredar, Bidang Pengendalian Penyakit Dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinas Kesehatan Kabupaten Bojonegoro, melakukan Sidak dan mengirim surat ke instansi kesehatan dan Puskesmas yang ada di Bojonegoro.

"Kami telah menyampaikan surat edaran keseluruh fasilitas kesehatan di Bojonegoro mengenai pelaporan penggunaan vaksin, terutama vaksin yang bukan pengadaan dari pemerintah," kata dr. Hernowo, Kepala Bidang Pengendalian Penyakit Dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinas Kesehatan Kabupaten Bojonegoro, Sabtu (2/7/16).

Tindakan responsif tersebut untuk mengantisipasi penyebaran vaksin palsu yang diduga beredar di Kabupaten Bojonegoro. Selain itu, pihak Dinas Kesehatan Bojonegoro juga telah melakukan inspeksi mendadak keseluruh tempat pelayanan imunisasi.

"Kami juga sudah menggelar inspeksi mendadak ke RS, Dokter spesialis anak, dan apotik di Bojonegoro," ujar Hernowo kepada suarabojonegoro.com.

Untuk diketahui, berdasarkan penemuan Bareskrim Mabes Polri, telah ditemukan beberapa jenis vaksin palsu yang diduga beredar di daerah Bekasi, Jakarta Timur dan Semarang, diantaranya vaksin berjenis BCG, campak, Polio, Hepatitis B dan Tetanus Toksoid, di daerah sekitar. (Wan/Red)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .