Arak Hasil Bumi, Tradisi Sedekah Bumi Desa Leran

Suara Bojonegoro     Jumat, Juli 08, 2016    

Reporter : Iwan Zuhdi

suarabojonegoro.com - Pemerintah Desa Leran Kecamatan Kalitidu Kabupaten Bojonegoro, hari ini menggelar acara sedekah bumi dan halal bi halal di halaman masjid Dukuh Sidokumpul Desa setempat, Jumat (8/7/16) sore.

Acara yang dirangkai dengan mengarak hasil bumi ini juga bakal dimeriahkan juga oleh tausyiah oleh Kiyai Haji Sun'an dan pelawak Gento dan musik pengiring tombo ati.

Acara yang cukup meriah tersebut mendapat apresiasi dari Kepala Desa Leran Kecamatan Kalitidu, Muttabi'in, mengatakan, acara sedekah bumi dalam rangka ungkapan rasa syukur kepada Tuhan yang maha Esa itu, sekiranya juga menyatukan persatuan dan kerukunan Tu umat beragama.

"Acara seperti ini salah satunya untuk menjalin silaturahim antar umat beragama dan hubungan manusia dengan alam, serta bentuk wujud Sukur terhadap Tuhan maha pencipta," katanya, Jum'at (8/7/16).

Selanjutnya, Arsyad (25), salah satu warga sekitar mengaku, sangat senang dengan adanya tradisi arak-arakan hasil bumi yang bisa menyedot para penonton untuk melihatnya.

"Acaranya luar biasa mas, tadi ada arak-arakan juga, nanti malam ada pengajian dan dimeriahkan musik tombo ati," ungkapnya.

Acara tersebut juga dihadiri jajaran pemerintah Desa Lersn dan Tokoh Masyarakat Desa setempat serta tokoh lintas agama setempat. (Wan/Red)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .