BPS Belum Umumkan Hasil Sensus 2016

Suara Bojonegoro     Kamis, Juli 28, 2016    

Reporter : Iwan Zuhdi

suarabojonegoro.com - Pelaksanaan Sensus Ekonomi (SE) 2016 yang telah dilaksankan di Bojonegoro pada bulan Mei 2016 kemaren, oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bojonegoro, sampai hari ini, Kamis (28/7/16) belum bisa mengumumkan hasil dari kegiatan tersebut. Pasalnya, pada pelaksanaan sensus ekonomi 2016 di Bojonegoro tersebut telah menggelontorkan anggaran senilai sekitar 3 Milyar yang dibiayai oleh (APBN) masih proses untuk mencapai angka sementara.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bojonegoro, Abdul Jamil, saat ditemui suarabojonegoro.com di kantornya menerangkan, jika pengumuman hasil kegiatan Sensus Ekonomi 2016 belum bisa di sampaikan ke publik, sebab ada beberapa kendala.

"Kita belum bisa mengumumkan data terkait kegiatan SE 2016, ada beberapa kendala, dan masih proses" katanya kepada suarabojonegoro.com, Kamis (28/7/16) di Kantornya.

Ia menjelaskan, dari kegiatan SE 2016 tersebut BPS dibiayai oleh APBN senilai 3 milyar dan terjadi pemangkasan sebesar sekitar 1 milyar. Dikatakan pula olehnya, mengenai data, ada beberapa tahapan proses untuk mencapai angka yang bisa dipublis ke masyarakat umum.

"Ada tiga tahapan, pertama penentuan angka mendekati sementara, kemudian angka sementara dan yang terakhir angka tetap, setelah mencapai angka tetap kita akan segera mempublis itu semua," jelas pria lulusan Universitas Diponegoro Semarang Jurusan Studi Pembangunan tersebut.

selanjutnya, Ia berharap, dari data yang bakal dibacakan oleh Presiden RI, Jokowi, di tanggal 16 Agustus nanti, bisa menjadi acuan masyarakat pada umunya dalam hal perencanaaan pembangunan.

"Kami berharap, dari data tersebut, masyarakat lebih bisa mematangkan perencanaan kaitanya dengan perekonomian," pungkasnya. (Wan/Red)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .