Dewan Apresiasi Rencana Pembuatan Perdes Perlindungan Perempuan & Anak

Suara Bojonegoro     Rabu, Juli 27, 2016    

Reporter : Iwan Zuhdi

suarabojonegoro.com - Rencana Pembuatan Peraturan Desa (Perdes) oleh Pemerintah Desa Sedahkidul Kecamatan Purwosari Bojonegoro tentang perlindungan perempuan dan anak, yang masih dalam tahap pengumpulan data regulasi diatas Perdes.

Rencana tersebut mendapat apresiasi dari Sally Atyasasmi, Anggota Komisi C DPRD Kabuptaen Bojonegoro yang salah satunya membidangi Kesehatan dan Keluarga berencana.

Ia menegaskan, dalam membentuk Peraturan Desa (Perdes) merupakan wewenang Pemerintah Desa sebagai mana tertuang dalam Undang-undang Nomer 32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah. Meskipun tidak dijabarkan secara rinci apa saja yang diatur dalam Peraturan Desa selain itu juga ada beberapa aturan lain yang lebih tinggi.

"Tentunya dalam membuat peraturan tersebut berdasarkan kebutuhan dari Masyarakat dan sifatnya mengatur tentang kelokalan suatu Desa, dan muatan yang dimuat dari perdes tersebut tidak boleh bertentangan dengan peraturan yang lebih tinggi," jelasnya. Rabu (27/7/16).

Masih Sally sapaan akrabnya, kaitannya dengan rencana DPRD yang juga bakal membuat Perda tentang perlindungan perempuan dan anak pada tahun 2017 nanti, maka aturan yang ada dibawahnya harus segera disesuaikan.

"Dilain hal Saya mengapresiasi kesiapan dan perhatian Desa terhadap kasus kekerasan yang kerapkali terjadi," ujarnya.

Pihaknya juga mengatakan, jika dalam menanggulangi hal ini, peran Desa sangat besar, baik melalui dukungan dana dari Pemerintah Desa maupun dukungan dari Lembaga-lembaga Desa, yang menjadi ring terdekat dalam melakukan upaya perlindungan terhadap anak.

"Mungkina nantinya bisa jadi Desa percontohan. Desa Aman bagi anak," pungkasnya. (Wan/Red).

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .