DPRD Rekomendasi Penutupan Perusahaan Air Swasta Di Bojonegoro

Suara Bojonegoro     Senin, Juli 25, 2016    

Reporter : Nella Rachma

suarabojonegoro.com - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bojonegoro merekomendasikan agar Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Bojonegoro untuk mengecek perizinan perusahaan air swasta yang ada di Desa Kunci Kecamatan Dander, Bojonegoro, Jawa Timur. Senin 25/07/2016

"Hal tersebut mengingat dihapusnya UU nomor 7 tahun 2004 tentang SDA yang dinilai bertentangan dengan UUD 1945,"kata wakil ketua komisi A DPRD Bojonegoro, Anam Warsito.

Menurutnya, di Bojonegoro sendiri terdapat satu perusahaan air minum swasta yang selama ini telah mengambil mata air di Desa Kunci Kecamatan Dander Bojonegoro untuk di perjual belikan sehingga dengan dihapusnya UU SDA maka perusahaan tersebut tidak punya landasan hukum untuk menjalankan bisnisnya.

"Berarti dengan dihapusnya UU tentang SDA, air hanya bisa dikelola oleh badan usaha milik pemerintahan sesuai dengan amanat UUD 1945 pasal 33 ayat 2 dan ayat 3," tambahnya.

Seperti yang diketahui, dihapusnya UU nomor 7 tahun 2004 tentang SDA oleh Mahkamah Konstitusi (MK) secara langsung berarti MK menghidupkan kembali UU nomor 11 tahun 1974 tentang pengairan untuk mencegah kekosongan hukum hingga ada pembentukan undang-undang baru. (Ang*)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .