EMCL Serahkan Program AIR Bersih Untuk Masyarakat Gayam

Suara Bojonegoro     Kamis, Juli 21, 2016    

Reporter : Iwan Zuhdi

suarabojonegoro.com - Operator minyak dan gas bumi Lapangan Banyu Urip ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) menyerahterimakan program air bersih kepada masyarakat di kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro pada Kamis (21/7/2016). Program yang sudah dimulai sejak Juli 2015 tersebut meliputi pengeboran sumber mata air, bangunan tandon air, rumah panel lengkap dengan jaringan listrik, serta saluran pipa ke ratusan rumah. "Saya mewakili masyarakat mengucapkan terima kasih atas kerjasama ini," ucap Camat Gayam, Hartono di pendopo kecamatan setempat.

Hartono menilai, program yang melibatkan masyarakat dalam setiap tahapannya ini merupakan bentuk sinergi positif antara warganya dengan perusahaan. Selain kerjasama, kata dia, melalui program ini komunikasi antara kedua belah pihak terbangun dengan baik. "Sejauh ini setiap permasalahan bisa diselesaikan dengan komunikasi, tentu ini sangat baik," ujarnya.

Sementara itu, secara terpisah, perwakilan EMCL, Ukay Subqy mengatakan, program air bersih di Kecamatan Gayam ini sudah dimulai sejak 2010. Dia mengungkapkan, hingga kini sudah dibangun 5 unit tandon air dengan total kapasitas mencapai 114 meter kubik, yang disalurkan melalui pipa sepanjang lebih dari 20 ribu meter. Sehingga bisa melayani 1.115 rumah di Desa Gayam, Mojodelik, Bonorejo, dan Beged. "Bersama mitra LSM, kita juga membentuk dan membina pengelola air bersih ini. Semua dari dan untuk masyarakat," tandasnya.

Acara serahterima tersebut dilakukan di sela-sela halal bi halal yang diselenggarakan oleh Forum Karang Taruna Kecamatan Gayam. Inisiatif para pemuda ini telah mempertemukan Musyarawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Gayam, kepala desa, dan tokoh masyarakat setempat. Dalam acara, nampak hadir Kepala Kepolisian Sektor Gayam dan Komandan Rayon Militer. Pimpinan dan karyawan EMCL juga turut memenuhi balai kecamatan. (Wan/Red)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .