Ini Program Polres Bojonegoro Saat Mudik & Balik Lebaran

Suara Bojonegoro     Rabu, Juli 06, 2016    

Reporter : Nella Rachma

suarabojonegoro.com - Setelah di awal Ramadhan Kapolres Bojonegoro meluncurkan dan mensosialisasikan program "POS MATOH" (Polisi menjaga keamanan dan ketertiban saat puasa Romadhon) guna mengamankan masyarakat menjalankan ibadah Ramadhan dengan aman dan nyaman, maka di akhir Ramadhan Kapolres meluncurkan program "MATOH POL" yaitu * Mudik Aman Tolong Hubungi Polisi * kepada anggota Polres Bojonegoro kemarin pada kesempatan apel pagi senin (04/07) melalui Wakapolres Bojonegoro. Tujuannya dibuat program ini guna mengamankan arus mudik dan perayaan Idul Fitri 1437 H.

Sebagai bentuk  implementasikan program tersebut Kapolres Bojonegoro AKBP Wahyu S. Bintoro tadi pagi mengumpulkan tim yang terdiri dari 30 orang yang terbagi menjadi 5 tim yang tersebar di 5 rayon wilayah yang di 28 Polses jajaran Polres Bojonegoro.
Tim tersebut di bentuk untuk membantu tugas Kapolsek yang sebagian besar anggotanya di tugaskan untuk ikut pengamanan pos Ramadniya 2016.

Adapun cara bertindaknya adalah Tim dipimpin oleh satu PA atau BA tinggi yang akan berkoordinasi dengan para kapolsek, untuk meminta daftar alamat penghuni rumah yg telah melaporkan ke Polres maupun Polsek, tim akan melakukan patroli baik R4 maupun R2 pada daerah2 rawan kriminalitas serta rumah rumah kosong yang sdh terdata, tim akan berkoordinasi dan bekerja sama dengan ketua keamanan lingkungan setempat, ketua RT atau Ketua RW serta lurah/kades.
Selain itu tim juga menghimbau untuk mengaktifkan kegiatan siskamling bersama dengan babinsa dan babhinkamtibmas.

Sebagai bentuk tindak lanjut dari perintah Kapolda Jatim, berikut ini himbauan Kapolres Bojonegoro berkaitan dengan program "MATOH POL" ( mudik aman tolong hubungi Polisi):

1. Lapor Polisi baik Polsek maupun Polsek jika hendak bepergian/mudik

2. Titipkan barang berharga saudara di kantor Polisi baik mobil, motor atau barang berharga lainnya

3. Datakan alamat dan berapa hari akan mudik

4. Laporkan kepada Polisi segera hal yang menurut saudara membahayakan, orang tidak dikenal di lingkungan saudara, meresahkan, mengkhawatirkan, menakutkan, serta membuat saudara merasa tidak nyaman.
Jangan ragu, jangan sungkan, jangan takut  bahwa Polisi akan melayani anda.

Dengan adanya program "MATOH POL" diharapkan masyarakat bisa merasa nyaman dalam merayakan hari raya Idul Fitri ini serta meminimalisir adanya korban kejahatan pencurian dirumah rumah kosong serta tercipta situasi kamtibmas yang kondusif. (Lis/Red)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .