Kades Ditahan, Kepemimpinan Desa Plumpang Diserahkan Sekdes

Suara Bojonegoro     Sabtu, Juli 23, 2016    

Reporter : Sasmito Anggoro

suarabojonegoro.com - Sejak Kades Plumpang Kecamatan Plumpang, Tuban, Tumito ditahan, Camat Plumpang, Sudarmuji meminta Sekretaris Desa Plumpang  untuk memegang kepemimpinan di desa tersebut  Dengan harapan bahwa pelayanan di Desa tersebut kepada masyarakat tidak terganggu.

“Jika membutuhkan tandatangan Kades, maka datang di Lapas. Tetapi apabila ada pelayanan yang bisa diselesaikan Sekdes ya diselesaikan,” terang Sudarmuji.

Sebatas di ketahui, untuk membongkar kasus itu, Kejari Tuban melibatkan beberapa personil dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Jawa Timur. Hal itu untuk penyelidikan lebih lanjut dan mengungkap kerugian Negera yang diakibatkan proyek gagal itu.

Sebelumnya Kejaksaan Negeri (Kajari) Kabupaten Tuban, Jum'at (22/7/16) kemarin menahan dua tersangka yang terlibat dalam dugaan kasus korupsi renovasi Pasar Plumpang. Renovasi itu menelan dana hibah dari Kementerian Koperasi Republik Indonesia sebesar Rp 900 juta pada tahun 2013 -2014 yang lalu.

Kedua tersangka yang sudah dititipkan dibalik jeruji tahanan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas II B Tuban, diketahui bernama Tumito, Kepala Desa (Kades) Plumpang, dan Munthohir, merupakan ketua koperasi pasar Plumpang. Mereka berdua yang merupakan warga Desa dan Kecamatan Plumpang, diduga bersekongkol merugikan Negara atas proyek tersebut. (Ang*)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .