Kadin Pertanian, Panen Harga Gabah Sawah Rp3.400

Suara Bojonegoro     Kamis, Juli 07, 2016    

Reporter : Iwan Zuhdi

suarabojonegoro.com - Diberitakan sebelumnya, dibeberapa wilayah di Kabupaten Bojonegoro sedang mengalami panen padi. Diantaranya wilayah yang sedang panen yakni wilayah Kecamatan Dander, Sokosewu, Sumberrejo, Balen, Kepohbaru, Kedungadem, Padangan dan sebagia wilayah Kecamatan Kalitidu, Malo, Trucuk, dan sebagian di Kecamatan Kota.

Pada musim kemarau basah tahun ini, dikatakan oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro, Akhmad Djupari, laporan terhakir dilapangan, harga gabah kering penen (GKP) di sawah diperkirakan sekitar 3.300 sampai 3.400 per kilogram.

"Harga tersebut merupakan harga disawah," terang Djupari, sapaan akrabnya, Selasa (6/7/16).

Selanjutnya, harga tersebut jauh dari  Harga Pembelian Pemerintah (HPP) yakni 3.700/Kg. Sangat dilematis, ketika petani mau menjual dengan harga sesuai ketentuan pemerintah, maka petani harus mengocek biaya angkut dan bongkar muat ke Gudang dolog, karena HPP hanya berlaku ketika petani menjual sampai di Gudang Dolog.

"HPP itu harga di Gudang dolog, harus memenuhi persyaratan standard minimal kadar air dan juga masih kena rafaksi, jadi kalau jual ke dolog pasti harus nambah ongkos angkutan dan bongkar muat," pungkasnya. (Wan/Red)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .