Pedagang Digeser Petani Dalam Jumlah Peserta Haji

Suara Bojonegoro     Kamis, Juli 14, 2016    

Reporter : Agus S

suarabojonegoro.com - 70 persen petani di Bojonegoro mampu mendaftarkan diri menjadi Calon Jamaah Haji Bojonegoro. Dominasi pendaftar dan peserta Calon Jamaah Haji Bojonegoro yang biasanya pedagang sejak beberapa tahun  lalu mulai bergeser. Ditahun 2009 sampai sekarang dominasi peserta 70 persen adalah para petani. Hal ini sebagaimana yang diungkapkan oleh Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bojonegoro, Kamis (14/7) pagi tadi saat acara manasik haji massal di Gedung Serbaguna.

Berdasarkan jumlah pendaftar yang masuk di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bojonegoro sejak tahun 2009 jumlah pendaftar CJH di Bojonegoro didominasi oleh para petani yang mencapai 70 persen dari keseluruhan peserta setiap tahunnya. Hal ini karena produktifitas pertanian yang meningkat jika selama ini mereka panen saat musim penghujan saja, akan tetapi dengan adanya intervensi dibidang pertanian yang dilakukan oleh Pemerintah membawa dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi khususnya di bidang pertanian.

"Hal ini dibuktikannya dengan meningkatnya jumlah petani yang mendaftarkan ibadah haji di Bojonegoro dari waktu ke waktu," Kata Wahid Priyono.

Wahid Priyono juga menyampaikan bahwa manasik massal akan dilaksanakan dua hari kamis dan jumat besuk. Dana untuk manasik adalah dari dana optimalisasi uang CJH yang terdaftar di 2009 dan beberapa sedikit 2010. "Tahun ini adalah CJH paling sedikit yang diberangkatkan jika dibandingkan tahun tahun sebelumnya, kemungkinan karena kelesuan ekonomi kala itu," Sambung Wahid.

Menurut Wahid Priyono Untuk yang daftar tahun  ini akan berangkat tahun 2038.  Dari beberapa pendaftaran CJH Bojonegoro 70 persen adalah para petani. Jika sebelum tahun 2008 dominasi adalah pedagang maka sejak tahun 2009 dominasi adalah para petani. Hal ini diindikasikan karena meningkatnya kesejahteraan petani Bojonegoro.

Ditambahkan untuk musim haji kali ini jumlah CJH yang diberangkatkan sekitar  600an orang. Tahun ini adalah haji termurah sepanjang masa, mendapat dana optimalisasi 28 juta sehingga pelunasan yang ditanggung hanya 31 juta setiap CJH.menuruy Wahid Priyono anggaran haji untuk setiap orang ditaksir 59 juta lebih, CJH berangkat pada tanggal 28 dan 29 Agustus mendatang. (gus/lis/Red)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .