Pemuda Bojonegoro, Di kukuhkan Sebagai Duta Damai Dunia Maya Oleh BNPT

Suara Bojonegoro     Selasa, Juli 26, 2016    

Reporter : Iwan Zuhdi

suarabojonegoro.com - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Duta Damai Dunia Maya di Alana Hotel Yogyakarta, 19-21 Juli 2016 lalu. Peserta terdiri dari 60 orang yang terdiri atas blogger, pakar Ilmu Teknologi dan Desain Komunikasi Visual (DKV) dari Provinsi Yogyakarta, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Kegiatan aksi nyata sinergisitas pegiat dunia maya di berbagai daerah dengan BNPT dalam wadah duta damai yang berintegrasi dengan Pusat Media Damai (PMD) serupa sebelumnya telah dilaksanakan di tiga tempat yaitu Medan, Makassar dan Jakarta. Yogyakarta merupakan yang keempat kalinya.

Untuk Provinsi Jawa Timur ada 4 orang delegasi, yakni dua dari Kabupaten/Kota Malang, satu dari Kabupaten Sidoarjo dan satu dari Kabupaten Bojonegoro.


Peserta Duta Damai Dunia Maya asal Bojonegoro, Didik Jatmiko, dalam kesempatan acara tersebut mengaku, Awal ceritanya saat itu ada info pendaftaran Pelatihan Duta Damai Dunia Maya, dia mengisi formulir pendaftaran sebagai blogger dan menyebarkan info pendaftaran ke grup WhatsApp dan social media yang diikutinya.

"Alhamdulillah, saya masuk dan terpilih sebagai peserta," katanya usai pulang dari Yogyakarta, Selasa (26/7/16).

Ia menjelaskan, setelah resmi dikukuhkan sebagai Duta Damai Dunia Maya oleh BNPT, ke depan Kak Didik, sapaan akrabnya, akan berbagi aksi nyata sebagai Duta Damai ke berbagai Sekolah, Forum Pemuda, Karang Taruna, dan Gerakan Pramuka di Bojonegoro agar nantinya akan lahir Duta Damai Dunia Maya dari Bojonegoro.

"Agar nantinya mereka bisa berpartisipasi aktif dalam mencegah terjadinya aksi radikalisme dan terorisme di Dunia Maya," harap pemuda Bojonegoro yang pertama kali terpilih dalam forum tersebut.

Pelatihan yang berlangsung selama 3 hari ini meluncurkan 5 website yang akan terus dipantau perkembangannya oleh Pusat Media Damai BNPT. Kelima website tersebut antara lain :
http://ayog.dutadamai.id,
http://gabung.dutadamai.id,
http://pojok.dutadamai.id,
http://jihadis.dutadamai.id dan
http://satu.dutamadamai.id. (Wan/Red)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .