Perpustakaan BPS Minim Pengunjung

Suara Bojonegoro     Kamis, Juli 28, 2016    

Reporter : Iwan Zuhdi

suarabojonegoro.com - Ruang Pusat Statistik Terpadu yang berada di dalam kantor Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bojonegoro, berupa ruang perpustakaan yang berisi berbagai macam buku yang berbasis data. Rak-rak buku yang tertata rapi itu sebagaian besar memuat data mengenai Bojonegoro dalam angka. Namun, adanya bank data tersebut minat baca atau sekedar mencari referensi oleh masyarakat Bojonegoro masih minim.

Dari data yang dihimpun suarabojonegoro.com, adanya buku yang memuat berbagai data tentang Bojonegoro tersebut, sampai per 28 Juli 2016 ini hanya 84 pengunjung yang tercatat di buku tamu.

Kemudian, tercatat pada pertengahan tahun 2015 lalu pengunjung perpustakaan lebih banyak dibandingkan per Juli tahun ini.

Dikatakan oleh Kepala BPS Bojonegoro, Abdul Jamil, hal tersebut wajar, sebab Masyarakat selama ini sebatas tahu jika BPS hanya bagian pendataan.

"Padahal syaratnya hanya meninggalkan KTP dan semua gratis," katanya, Kamis (28/7/16).

Dicontohkan pula olehnya, data adalah hal penting, jika akan merencanakan pembangunan atau melakukan suatu usaha harus melihat data.

"Seperti data strategis, pertumbuhan penduduk, laju inflasi, indeks harga, harga di pedesaan, jumlah pendapatan petani per hektar, angkatan kerja, dan lain sebainya," terang pria yang punya hobi renang tersebut.

Ia berharap, masyarakat. Bojonegoro pada umunya bisa memanfaatkan adanya perpustakaan yang berada di dalam kantor BPS Bojonegoro itu."Data itu sulit dan mahal, akan tetapi lebih sulit membangun tanpa data," pungkasnya. (Wan/Red)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .