Rencana Pembuatan Perdes Baru Tahap Pengumpulan Dasar Hukum

Suara Bojonegoro     Rabu, Juli 27, 2016    

Reporter : Iwan Zuhdi

suarabojonegoro.com - Menanggapi banyaknya kasus kekerasan terhadapan perempuan dan anak di Kabupaten Bojonegoro, Pemerintah Desa Sedahkidul Kecamatan Purwosari Kabupaten Bojonegoro, maju satu langkah merencanakan pembuatan Peraturan Desa (Perdes) tentang Perlindungan kekerasan terhadap perempuan  dan anak. Pasalnya, penyusunan perdes tersebut sampai saat ini baru pengumpulan dasar hukumnya.

Kepala Desa Sedahkidul, M.Choirul Huda, kepada suarabojonegoro.com mengatakan, jika rencana pembuatan peraturan tingkat Desa tersebut sampai hari ini masih tahap pengumpulan data-data mengenai dasar hukumnya.

"Baru tahap pengumpulan dasar hukum nya. Mulai dari UU dan Permen serta PP," katanya, Selasa (26/7/16).

Dijelaskan olehnya, meskipun selama ini di Desa Sedahkidul sendiri belum ditemukan kasus-kasus kekerasan pada perempuan dan anak, pemerintah Desa mengawali sedini mungkin mengantisipasi jika terjadi kasus kekerasan terhadap perempuan  dan anak dengan rencana pembuatan perdes tersebut.

"Selama saya menjabat sejak April 2014 sampai sekarang belum ada kasus. Kalau keluhan warga baik warga laki-laki maupun perempuan pernah ada dan mengadu ke PKK," ujanya.

Lanjut Huda, sapaan akrabnya, Ia berharap, dari adanya Perdes tersebut, sebagai dasar Pemdes menangani kekerasan anak dan perempuan.

"Dalam perdes ini, nanti lebih menekan kan pada menggalakkan program untuk antisipasi terjadinya kekerasan pada anak dan perempuan," pungkasnya. (Wan/Red)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .