Waspadai Hama Wereng Menyerang Tanaman Padi

Suara Bojonegoro     Minggu, Juli 17, 2016    

Reporter : Iwan Zuhdi

suarabojonegoro.com - Memasuki masa tanam dan cuaca yang tidak menentu membuat tanaman padi dibeberapa wilayah di Bojonegoro mulai diserang hama tanaman padi khususnya Wereng, dan hama ini menyerang tanaman padi dengan cukup meresahkan para petani, Minggu (17/7/16).

Seperti yang terjadi dibeberapa Desa di Kecamatan Balen, hama wereng ini mulai menyerang tanaman padi, seperti yang disampaikan oleh Marjuki, Kepala Uptd Pertanian Kecamatan Balen bahwa petani harus waspada terhadap hama wereng sebelum mewabah.

Dijelaskan oleh Marjuki bahwa jenis wereng ini adalah wereng Batang Coklat atau di kenal dg Wereng Coklat, yabg sistim makanya  mencucuk lalu menghisap (Pencucuk Penghisap) atau Menghisap cairan tanaman padi.

"Asal wereng ini dari pindahan tanaman padi yang sudah panen dan menyerang tanaman padi yang masih segar," Terang Marjuki.

Adapun dampak dari penyerangan hama wereng ini apabila polulasinya banyak dapat membuat tanaman padi kering seperti terbakar, sehingga mengakibatkan petani akan gagal panen akibat kerusakan tersebut.

"kalau sudah terserang dan popolasinya di atas 10 ekor per rumpun harus di semprot pakai insektisida yang untuk hama wereng," Tambahnya.

Marjuki juga mengingatkan serta memberikan solusi untuk menghilangkan hama wereng ini adalah memutus siklus hidup hama wereng yaitu dengan tidak menenam padi terus menerus. artinya dalam satu tahun harus ada 1 musim untuk di tanami selain padi dengan pola tanam padi-padi- polowijo. (Wan/Red)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .