Ada Gerebek Tumpeng Kemerdekaan, Jadi Agenda Utama HUT RI Ke-71

Suara Bojonegoro     Kamis, Agustus 25, 2016    

Reporter : Iwan Zuhdi

suarabojonegoro.com - Selain perlombaan yang telah menjadi budaya dan tradisi tersendiri bagi masyarakat Indonesia dalam merayakan Hari Ulang Tahun (HUT)  kemerdekaan Republik Indonesia, hidangan nusantara juga dapat menjadi alternatif dalam memeriahkan peringatan hari kemerdekaan Indonesia.

Salah satunya adalah tumpeng, sebagaimana yang dilakukan di Desa Begadon Kecamatan Gayam Bojonegoro. Acara yang dikemas dalam tajuk Sarasehan & Grebek tumpeng kemerdekaan itu merupakan sebuah cara merayakan dan menghormati kemerdekaan Indonesia dengan kearifan lokal desa. Rabu (24/08/2016).

Uniknya, tumpeng yang disajikan dihiasi aneka ornamen yang menunjukkan nuansa kemerdekaan dan bermacam lauk-pauk yang menjadi khas desa setempat.

"Berangkat dari ide memeriahkan peringatan hari kemerdekaan, ditambah perayaan sendiri identik dengan Tumpeng, maka kami modifikasi dan variasikan dengan berbagai masakan khas desa kami," kata Bidang Media dan Komunikasi Karang Taruna (Kartar) Desa Begadon, A. Shodiqurrosyad.

Sementara itu, Kunyeni selaku Ketua Kartar Desa Begadon juga sekaligus pemrakarsa dan penanggung jawab acara tersebut mengungkapkan bahwa kegiatan ini memang menjadi agenda utama Desa Begadon dalam memperingati kemerdekaan Republik Indonesia ke-71.

"Kegiatan ini juga merupakan bentuk rasa hormat kami terhadap perjuangan para pahlawan dalam mewujudkan kemerdekaan Republik Indonesia," ujarnya kepada suarabojonegoro.com.

Karena, lanjutnya, tanpa perjuangan para pahlawan yang tak kenal lelah, kita tak akan dapat merasakan kemerdekaan dan memahami arti kebebasan sebagai sebuah bangsa dan negara.

Acara itu sendiri dimeriahkan berbagai hiburan, yaitu penampilan rebana grup Qotrun Nada SDN Begadon, tari kreasi Arab Modern, tari klasik daerah dan musik elekton sebagai hiburan utama.

Kepala Desa Begadon, Pardi, mengapresiasi dan mendukung penuh acara ini.

"Ini adalah sebuah upaya yang bagus yang ditunjukkan teman-teman Kartar Desa Begadon, karena memang sudah seharusnya menjadi wadah pemuda di tingkat desa dalam beraktualisasi dan mengekspresikan diri dalam hal yang positif," katanya.

Selain itu, dalam acara tersebut juga dilakukan penyerahan hadiah atas berbagai perlombaan yang telah dilakukan, di antaranya lomba makan kerupuk, lomba pukul air, lomba rias wajah, lomba balap terompah (gapyak), lomba gendong rinjing, lomba tumpeng dan kompetisi Begadon Futsal Cup 2016.

Dalam peringatan HUT RI Ke-71 ini, Desa Begadon sendiri masih memiliki satu agenda lagi, yaitu jalan santai yang akan dilaksanakan pada minggu, 28 Agustus 2016.(Wan/Red).

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .