Ada Rumah Hantu Yang Dibuat Mahasiswa Unigoro & Warga di Bendo - Kapas

Suara Bojonegoro     Rabu, Agustus 24, 2016    

Reporter: Iwan Zuhdi

suarabojonegoro.com - Dalam Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) oleh Mahasiswa Universitas Bojonegoro adalah dengan mendukung berbagai program positif yang ada di Masyarakat itu sendiri. Salah satu program masyarakat di Desa Bendo Kecamatan Kapas Bojonegoro yakni dengan membuat Rumah Hantu, namun jangan kaget Rumah Hantu ini untuk aksi pengendalian hama tikus, Agar Burung Hantu mampu berada di sekitar lahan persawahan, Jadi Bukan Rumah Hantu yang menakutkan sesorang tapi Rumah Untuk Burung Hantu (Rubuha)

Terhitung baru ada sekitar 10 rubuha yang tersebar di wilayah persawahan desa Bendo Kecamatan Kapas Bojonegoro. Dikatakan oleh Ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan)  Mekar Jaya Desa Bendo, Mujianto mengatakan, adanya rubuha sangat membantu para petani dalam mengendalikan hama tikus di sekitar persawahan desa setempat.

Selain itu, masih kata Mujianto, gerakan pengadaan rumah burung hantu ini dinilai sangat efektif dan efisien, sebab dari hasil riset, pantauan mata burung hantu bisa sampai sekitar 5 kilometer.

"Dan kita tidak usah menaruh bibit, tiba-tiba di huni gitu aja, bisa mengurangi ongkos obat tikus juga," katanya disela-sela memasang rubuha bersama Mahasiswa KKN Unigoro, Rabu (24/8/16) sore.

Selanjutnya, Ali Mochtar, Koordinator Fakultas dari Fakultas Pertanian Unigoro yang sedang KKN di Desa tersebut mengatakan, Mahasiswa sangat mendukung adanya rubuha di lahan persawahan di Desa bendo. Pasalnya, adanya burung hantu yang notabenya merupakan musuh alami dari hama tikus tersebut sangat membatu para petani.

"Kita sangat mendukung program pengadaan rubuha, sebab burung hantu merupakan musuh alami dari tikus, yang selama ini masih menjadi permasalahan para petani," katanya usai pemasangan Rubuha di Desa bendo.

Diketahui bersama, dalam program pengadaan Rubuha tersebut Mahasiswa Unigoro menyumbang lima rumah burung hantu, dengan harapan bisa menjadi rumah sekaligus tempat bereproduksi burung hantu.(Wan/Red).

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .