Anggota Komisi IX DPR RI Ajak Masyakarat Tuban Hindari Kosmetik Ilegal

Suara Bojonegoro     Sabtu, Agustus 13, 2016    









Reporter : Nella Rachma

suarabojonegoro.com - Anggota Komisi IX DPR RI, Abidin Fikri menyampaikan masyarakat harus cermat dan cerdas dalam memilih kosmetik, sehingga tidak terjebak oleh kosmetik illegal yang sangat berbahaya bagi kesehatan. Hal tersebut disampaikan Abidin dalam acara sosialisasi “Cerdas Memilih Kosmetik” bekerjasama dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Provinsi Jawa Timur.

 “Sosialisasi ini diadakan agar masyarakat mengetahui jenis kosmetik yang baik dan aman,” di Gedung Asrama Haji KabupatenTuban, Sabtu (13/8/2016).

Abidin menerangkan, kosmetik ilegal memiliki berbagai kandungan zat berbahaya seperti Merkuri, Hidrokinon, Bahan Pewarna dan Timbal. Zat-zat tersebut lanjut Abidin, dapat membawa dampak negatif bagi kesehatan seperti alergi, kanker hingga komplikasi bagi ibu hamil.

 Untuk memastikan sebuah produk kosmetik yang aman, Abidin menjelaskan ada lima hal yang perlu diperhatikan oleh masyarakat, yakni; Kemasan, Label, Izin Edar, Kegunaan dan Cara Pakainya serta Kadaluwarsa (KLIKK).

"Harus dilihat apakah kemasannya rusak, ada izin edarnya tidak, apakah sudah kadaluwarsa apa belum, dan apakah ada cara pakainya," ujarnya. 

Lebih jauh, Abidin mengajak para hadirin untuk menggetok-tularkan (mendakwahkan) pesan dari kegiatan sosialisasi tersebut kepada putera-puteri dan seluruh kerabat sehingga mereka dapat terhindar dari bahaya kosmetik illegal.

Selain itu, Abidin juga mengingatkan para peserta tentang peredaran kosmetik illegal melalui jaringan internet seperti media sosial dan situs jual-beli online.

"Khusus generasi muda yang suka beli kosmetik online, harus benar-benar memperhatikan KLIKK nya agar aman," tegasnya. (Ney/Red)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .