Inilah Kunci Keberhasilan Desa Plesungan-Kapas

Suara Bojonegoro     Jumat, Agustus 12, 2016    



Reporter: Iwan Zuhdi

suarabojonegoro.com - Memberdayakan masyarakat untuk mandiri hidup sehat menjadi modal besar atas tercapainya kualitas SDM disamping urusan pendidikan dan kesehatan. Hal inilah yang menjadi kunci keberhasilan atas prestasi desa Plesungan yang masuk dalam tahap penilaian lomba desa siaga aktif tingkat Provinsi Jawa Timur. Tim dari Provinsi yang terdiri dari Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Timur, Biro Kesra dan BAPPEMAS melakukan penilaian lapangan langsung di Plesungan hari ini, Kamis (11/8).

Bojonegoro, desa siaga aktif adalah desa yang penduduknya memiliki sumber daya dan kemampuan serta kemauan untuk mencegah dan mengatasi masalah kesehatan,bencana dan kedaruratannya secara mandiri. Melalui program ini masyarakat dituntut untuk peduli dan tanggap dalam mengatasi masalah yang kerap terjadi dimasyarakat. Desa Plesungan memiliki Pos Kesehatan Desa (POSKESDES) yang terletak di balai desa, dimana Poskesdes itu merupakan koordinator dari semua Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) yang berkembang di Plesungan.

Bupati Bojonegoro Kang Yoto  mengemukakan, ada beberapa hal yang menarik di desa Plesungan ini. Diantaranya adalah plesungan sudah mengimplementasikan Open Government Partnership (OGP) ditingkat desa. dimana pemerintahan yang terbuka adalah akuntabilitas program kerja yang dilakukan dengan terencana dan melibatkan partisipasi masyarakat demikian nyata bersinergi. Dan tak kalah penting adanya dukungan informasi teknologi yang dikelola dengan baik, sehingga jejak program Gerakan Desa Sehat Dan Cerdas (GDSC) begitu nampak jelas di Desa ini, tambahnya.


Ketua tim penilai Mahanani menyampaikan untuk provinsi Jawa Timur ada 4 daerah yang masuk dalam tahap penilaian, yakni Bojonegoro, Lumajang, Gresik, dan Pacitan. Menurutnya desa siaga aktif fokus utamanya adalah promotive dan preventive dibidang kesehatan. Semua ini adalah sinergi bersama yang harus dilakukan pemerintah bersama dengan masyarakatnya untuk menciptakan sebuah inovasi. Dan Bojonegoro memang luar biasa, tegasnya. (Wan/Lis)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .