Internet Sehat Sasar SMPN 1 Purwosari

Suara Bojonegoro     Rabu, Agustus 17, 2016    









Oleh : RTIK Bojonegoro

suarabojonegoro.com - Selasa (16/8/2016) SMPN 1 Purwosari mendapatkan kunjungan oleh Relawan TIK Bojonegoro. Pada kesempatan kali ini Tim dari Relawan TIK Bojonegoro yang berjumlah sekitar 11 orang melakukan kunjungan dalam rangka Sosialisasi Pemanfaatan Internet Sehat.
Acara yang terselenggara atas dukungan ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) dan juga kerjasama dengan Dinas Pendidikan Bojonegoro ini. Bertempat di Aula SMPN 1 Purwosari , tepatnya di Desa Pojok, Kec. Purwosari, Kab. Bojonegoro.
Tim dari Relawan TIK Bojonegoro memaparkan materi sosialisasi tentang bagaimana menggunakan internet secara bijak dan sehat.
Acara dibuka dengan sambutan dari Kepala Sekolah, Drs. Djoko Sutrisno. Beliau mengungkapkan, "Pada saat ini di tingkat nasional telah terjadi krisis moral. Sopan santun tidak hanya di jalan raya, di rumah, atau tempat-tempat umum lainnya. Sopan santun harusnya juga ada di dalam penggunaan Sosial Media"
Kemudian acara berlanjut dengan sambutan dari Ketua RTIK Bojonegoro. Beliau juga menegaskan "Saat ini kondisinya semua menggunakan kecanggihan teknologi. Maka penting penggunaan internet secara bijak. sebagai contoh jika kita sering menggunakan aplikasi jejaring sosial seperti whatsap atau facebook, Mari kita gunakan secara positif untuk upload materi atau konten bermanfaat. Sehingga suatu saat ketika kita meninggal dunia. Masih bisa menjadi sesuatu yang bermanfaat untuk orang banyak"
Materi Sosialisasi internet sehat pun ditekankan kepada gambaran macam-macam maraknya Cyber Crime (kejahatan dunia maya) pada saat sekarang ini.
Sosialiasi internet sehat ini pun disajikan dengan pemaparan materi oleh Nova Wijaya, Salah satu anggota aktif Relawan TIK Bojonegoro yang juga berprofesi sebagai Blogger.
Blogger cantik asli Bojonegoro ini menuturkan, "Menurut Survey dari data yg tercatat di tahun 2012-2015, sudah ada sebanyak 36,6 juta serangan dunia maya atau cyber crime. Telah merugikan negara sebanyak 33,29 Miliar Rupiah".
Dalam acara ini selain memaparkan tentang maraknya aktifitas cyber crime. Relawan TIK Bojonegoro juga mengajak untuk memanfaatkan internet secara cerdas, kreatif, produktif. Memanfaatkan internet secara baik dalam arti tepat guna , sesuai etika, budaya, dan norma yang berlaku
Perwakilan dari ExxonMobil Cepu Limited, Wulan Purnamawati selakuPublic and Government Affairs juga menambahkan bahwa program ini merupakan bagian dari komitmen EMCL di bidang pendidikan. "Kami berharap, generasi muda Bojonegoro bisa menggunakan internet sebagai modal positif untuk mewujudkan masyarakat  Bojonegoro yang sehat, cerdas, dan bahagia", pungkasnya.
Beberapa siswa-siswi juga diajak melakukan kampanye internet sehat disela-sela acara tersebut.

"Dengan adanya Relawan TIK Bojonegoro kita semua berterima kasih. Telah mendapatkan ilmu tentang pemanfaatan internet secara baik. Mari kita hindari kejahatan Cyber Crime yang telah dipaparkan tadi" , ungkap Siti Nurhayati salah seorang siswi kelas VIII SMPN 1 Purwosari dalam sesi kampanye pada acara Sosialisasi Internet sehat ini. (RTIK/Red)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .