Ketua Tim Sergap Pantau Pendampingan UPSUS Di Bojonegoro

Suara Bojonegoro     Kamis, Agustus 04, 2016    

Oleh : Siswo/ Tim Redaksi

suarabojonegoro.com - Staf Ahli Kasad Bid Pertanian, yang juga sebagai Ketua Tim Operasi Serapan Gabah Petani (Sergap), Brigjen TNI Agus Heru Prasetyo bersama Kolonel Arm Winarto dari Sterad  melaksanakan kunjungan kerja di Kodim 0813 Bojonegoro dalam rangka tugas pendampingan Upaya Khusus (UPSUS) Swasembada pangan sebagai Tim Sergap pencapaian target serapan Gabah periode tahun 2016. kamis (4/8/16).

Sebelum menuju ke sasaran yang bertempat di penggilingan Padi UD Sumber Ekonomi milik rekanan Bulog Bapak Arif Wahyudi Desa Pacul Kec/Kab Bojonegoro Tim Sergap Mabesad singgah di Makodim 0813 Bojonegoro, adapun penyampaian Brigjen TNI Agus Heru Prasetyo (Staf Ahli Kasad Bid Pertanian) mengharapkan kepada para petani maupun tengkulak ikut berpartisipasi aktif untuk mewujudkan program Serapan Gabah (Sergap) untuk tercapainya swasembada pangan dan terima kasih kepada para petani dan unsur terkait atas tercapinya penyerapan gabah dan beras di Kab. Bojonegoro.

Selanjutnya Rombongan meninjau gudang Bulog Sub Divre III Bojonegoro yang berada di Kec. Kalitidu yang didampingi Dandim 0813 Bojonegoro Letnan Kolonel Inf M. Herry Subagyo, Kepala Dinas Pertanian Pemkab Bojonegoro M. Djupari, Para Perwira Staf dan Para Danramil Jajaran Kodim 0813 disambut Waka Sub Divre Umar Syarif. Di Gudang Bulog dilaksanakan dialog dengan rekanan Bulog dan Gapoktan.

Pada kesempatan tersebut Dandim 0813 Letkol Inf M. Herry Subagyo menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak dan mari kita mensukseskan program pemerintah dalam rangka swasembada pangan untuk mencapai ketahanan pangan  sehingga dapat mensejahterakan kehidupan para petani.

Kolonel Arm Winarto dari Sterad menerangkan keterlibatan TNI dalam program swasembada pangan merupakan perintah Presiden yang pelaksanaanya telah dilaksanakan MoU dengan Kementan dan Bulog.

"Bulog sebagai PSO berfungsi sebagai penyerap, mengolah, menyimpan dan mendistribusikan, disamping sebagi badan usaha yang harus mendapatkan keuntungan Bulog juga bertugas untuk menjaga dan mengendalikan harga komoditi," Terangnya.

Sedangkan Ketua Tim Brigjen TNI Agus Heru Prasetyo berharap adanya kerja sama dan sinergi antara TNI, Distan dan Bulog untuk mencapai swasembada pangan sesuai target yang diharapkan. Bulog dan Rekanan agar menjaga kwalitas beras.

Pada sesi tanya jawab Kepada Dinas Pertanian menyampaikan bahwa luas lahan pertanian  di Bojonegoro  telah bertambah maka kebutuhan pupuk juga akan bertambah. Perwakilan Rekanan Bulog mengusulkan untuk mendukung dan mengoptimalkan Sergap agar Bulog dapat menggunakan gudang-gudang milik Rekanan seperti yang dilakukan tahun lalu.

Saran tersebut langsung ditanggapi pihak Bulog  bahwa peraturan dari Pusat tidak memperbolehkan pinjam pakai gudang namun diperbolehkan untuk sewa, sehingga kalau sewa maka konsekwensinya penggunaan gudang sepenuhnya dibawah kendali Bulog. Serta mengungkapkan pencapaian serapan beras Gudang Bulog Bojonegoro sampai dengan sekarang sudah mencapai 75 % sisa waktu 4 bulan kedepan diperkirakan akan mencapai 100 %.  (Sis/Red)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .