KMK: Butuh Sinergitas Dalam Pengentasan Masalah Kependudukan

Suara Bojonegoro     Jumat, Agustus 19, 2016    

Koresponden: Agus S

suarabojonegoro.com - Sosialisasi dan deminasi kebijakan atau strategi pengendalian penduduk yang dikemas dalam bentuk seminar dan rakerda Koalisi Kependudukan Provinsi Jawa timur digelar di Kantor Universitas Airlangga (Kampus C) Surabaya. Kamis (18/8/16). Acara tersebut di inisiatori oleh BKBKN Provinsi Jawa timur.

Dalam seminar tersebut tampak hadir beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten/Kota terkait se Jawa Timur, pengurus Koalisi Kependudukan Kabupaten/Kota se Jawa timur, pengurus Koalisi Muda Kependudukan (KMK) provinsi Jawa timur, pengurus Koalisi Muda Kependudukan (KMK) Kabupaten Bojonegoro, dan pengurus unit kegiatan mahasiswa (UKM) Kependudukan dari kampus Unair, Unesa, Unej, UMG Gresik, UMM malang, Unigoro Bojonegoro.

Materi demi materi disampaikan, terkait bagaimana peran serta strategi dalam mengentaskan permasalahan kependudukan. Bagaimana mencetak generasi emas Indonesia? Bagaimana keadaan psikologi penduduk Indonesia saat ini? Sejauhmana arah kebijakan politik dalam mengawal isu kependudukan?.

Saat ditemui oleh suara bojonegoro.com, Ketua Koalisi Muda Kependudukan (KMK) Kabupaten Bojonegoro, Iwan Zuhdi mengatakan, permasalahan kependudukan merupakan masalah kita bersama, perlu sinergitas antara pemangku kebijakan dan pegiat kependudukan.

"Masalah kependudukan sangat kompleks, apalagi Bojonegoro mulai dikenal dengan kota kaya minyak. Tentu perlu diwaspadai mulai dari isu kemiskinan, ketahanan pangan, pendidikan, rasio gini, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu perlu sinergitas kita bersama," kata Iwan yang juga anggota KMK Provinsi Jawa timur itu.

Ia menambahi, ditahun ini angka usia produktif mulai meningkat (Bonus Demografi), jika kita tidak bisa memikirkan dan mengaturnya sedemikian rupa, bonus tersebut akan menjadi petaka.

Saat disinggung apakah di Bojonegoro sudah melakukanya,"Menurut saya ada satu grand desain untuk meminimalisir kemungkinan itu. Bojonegoro sudah memulainya menurut saya," katanya di ruang Hangguripan 3 Unair Surabaya. (Gus/Red)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .