Kontraktor Lokal Dilatih Proses Pemotongan PPH dan Pemungutan PPN di EMCL

Suara Bojonegoro     Senin, Agustus 29, 2016    

Reporter: Iwan Zuhdi

suarabojonegoro.com - Puluhan kontraktor lokal yang berada diwilayah Kabupaten Bojonegoro, pagi ini, Senin (29/8/16) dilatih tentang proses pemotongan pph dan pemungutan PPN di ExxonMobil Cepu Limited oleh Operator Blok Cepu, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) di Mliwis Mukti Hall, Hotel GDK Jalan Trunojoyo, Bojonegoro.

Pelatihan yang ke tujuh tersebut diikuti oleh puluhan kontraktor yang masih berada di wilayah Kabupaten Bojonegoro.
Dalam acara tersebut, beberapa materi disampaikan terkait PPH dan PPN. Materi-materi tersebut meliputi, sekilas struktur organisasi Indonesia UBS Tax, Pajak Penghasilan (PPh) meliputi, objek pemotongan Pph, tanggal-tanggal penting, mekanisme pemotongan Pph.

Kemudian pajak pertambahan nilai (PPN) meliputi, pemungut dan non-pemungut, PKP dan non-PKP. Selanjutnya disampaikan pula materi penyampaian, penyerahan, dan pembayaran invoice, issue-issue invoice dan proses pengambilan bukti potong dan bukti penerimaan negara.

Dalam penyampaikan materinya, Tax Accountant (Inderect Tax) Floreta Fatimah mengatakan, saat tertutang, Pph terutang pada bulan dilakukanya pembayaran atau pada bulan terutangnya penghasilan yang bersangkutan, lalu saat penyetoran, Pph harus disetorkan oleh pemotong pajak selambat-lambatnya tanggal 10 bulan berikutnya setelah bulan saat terutang pajak.

"Kemudian, saat pelaporan, selambat-lambatnya tanggal 20 bulan berikutnya setelah masa pajak berakhir," katanya dihadapan puluhan kontraktor lokal.

Lebih lanjut, Ia menerangkan, periode penyampain invoice merupakan upaya kepatuhan terhadap peraturan perpajakan.
Vendor wajib untuk menyerahkan dan mencamtumkan tanggal antara 1 sampai 20 setiap bulannya.

"Invoice harus secara fisik diterima oleh payables tanggal 25 di bulan yang sama. Jika tanggal 25 adalah hari libur, hari terakhir penyerahanya adalah sebelum tanggal 25. Vendor dapat menyerahkan invoice melalui mail room yang terletak di basement wisma GKBI," ujarnya.

Diketahui bersama, Kabupaten Bojonegoro sudah memiliki Peraturan
Daerah (Perda) Kabupaten Bojonegoro Nomor 23 Tahun 2011 tentang percepatan pertumbuhan ekonomi daerah dalam pelaksanaan eksplorasi dan ekploitasi serta pengelolaan minyak dan gas bumi atau yang biasa disebut dengan Perda Konten Lokal. Muatan lokal yang diharap lebih berdominan yaitu mulai dengan tenaga kerja, pengerjaan proyek hingga penyedia material industri migas.(Wan/Red).

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .