Lomba Agustusan Di Kapas, Gali Potensi Dengan Cerdas Cermat

Suara Bojonegoro     Jumat, Agustus 19, 2016    

Reporter : Iwan Zuhdi


suarabojonegoro.com -  Sebagai upaya untuk meningkatkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan dikalangan masyarakat, juga dalam rangka memperingati ke- 71 tahun Hari Kemerdekaan Republuk Indonesia. Pemerintah Desa (Pemdes) Kapas, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, mengadakan berbagai macam lomba untuk merayakan Hari Kemerdekaan itu.

Seperti halnya pada Kamis (18/8) malam tadi, Pemerintah Desa (Pemdes) Kapas menggelar lomba Cerdas Cermat Peningkatan Wawasan Kebangsaan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke- 71.

Lomba Cerdas Cermat Peningkatan Wawasan Kebangsaan yang berlangsung di Balai Desa Kapas itu, dibuka oleh Danramil 0813-02/Kapas, Kapten Inf Tanuri, dan diikuti oleh 10 peserta perwakilan dari RT se- Desa Kapas.
Dalam sambutannya, Danramil 0813-02/Kapas, Kapten Inf Tanuri, mengatakan bahwa lomba tersebut digelar selama tiga hari, yaitu mulai tanggal 18 sampai dengan 20 Agustus 2016.
"Lomba ini diadakan dengan tujuan untuk membangun dan meningkatkan wawasan kebangsaan, dengan harapan anak-anak bisa bangga terhadap bangsa Indonesia" ujarnya.
Menurut Kapten Inf Tanuri, bahwa tidak hanya rasa bangga saja yang harus ditingkatkan, namun bagaimana kita bisa membawa dan mencintai bangsa ini.

"Jangan hanya cinta saja, tetapi rasa cinta itu juga harus bisa ditunjukkan dengan rasa bagaimana kita melakukan pembinaan, perawatan dan bagaimana kita melastarikannya" tegasnya.

Pasalnya, perlombaan tersebut diadakan untuk mencari bagaimana anak-anak dapat menggali apa yang di dalam kebangsaan. Sehingga, akan tumbuh jiwa nasionalismenya. Sebab, ia melihat ada penurunan terhadap pemahaman kebangsaan itu dari tahun ke tahun.


"Untuk itu, kedepannya acara seperti ini memang perlu untuk terus dilakukan. Sehingga, diperlukan peran dari semua pihak untuk turut andil dalam kegiatan semacam ini. Mengingat pemahaman tentang wawasan kebangsaan untuk saat ini telah luntur" pungkas Danramil 0813-02/Kapas, Kapten Inf Tanuri. (Wan/Lis)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .